Aunur Rafiq Resmikan TPS Pelabuhan Parit Rampak

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun meresmikan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yang berlokasi di kawasan pelabuhan Roll On – Roll Off (RoRo) Parit Rampak, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun pada Jumat (25/9/2020).

Kepada sejumlah wartawan, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan tujuannya agar pelabuhan kedepannya untuk sarana infrastruktur semakin membaik.

“Dengan tujuan agar pelabuhan ini kedepannya untuk sarana infrastruktur semakin baik semakin lengkap sehingga ekspor dan impor bisa nantinya keseluruhan akan kita lakukan disini,” kata Aunur Rafiq, Jumat (25/9/2020).

Aunur Rafiq mengatakan kabupaten yang telah berusia 20 tahun ini akan melakukan trobosan lompatan pembangunan.

“Kita harus mengubah Kabupaten Karimun yang sudah 20 tahun dengan lompatan pembangunan. Pembangunan Parit Rampak bisa sebagai pelabuhan kecil kontainer dan yang di Teluk Musodo sebagai pelabuhan besar,” jelasnya.

Disinggung soal penurunan pendapatan yang akan diberikan pusat, Aunur Rafiq menyatakan akan mengambil langkah musyawarah.

“Dengan adanya perpindahan ini, akan menimbulkan menurunnya pendapatan-pendapatan yang diberikan kepada pusat, sehingga dapat di musyawarahkan (didudukkan), sehingga kontribusi dapat di bagikan sama rata, mana yang untuk kita didaerah ini, dan mana yang untuk pusat, kita akan atur sedemikian rupa, sehingga semuanya sama rata untuk kepentingan negara dan rakyat,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah Kepelabuhanan (BUP) Kabupaten Karimun, M. Syahrizal mengatakan TPS ekspor dan impor sudah direncanakan sejak lama namun terkendala adanya situasi pandemi Covid-19.

Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah Kepelabuhanan Kabupaten Karimun, M. Syahrizal (Codet Carladiva/berita karimun)

“Perencanaan sejak tahun lalu namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 jadi sedikit tertunda. TPS ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan atau penimbunan barang untuk ekspor maupun barang impor, meskipun tidak semua barang akan disimpan di TPS tersebut, tetapi hanya barang-barang jenis tertentu saja, kita berharap pada tahun 2021 dapat dilakukan peningkatan dermaga atau pelabuhannya” ungkapnya..

Syahrizal menjelaskan, sarana infrastruktur yang dibangun dengan luasnya 1.000 meter persegi di dalamnya ada Kantor Bea Cukai, area penimbunan barang impor dan barang ekspor. Berbagai fasilitas di Pelabuhan Parit Rampak yang dibangun antara lain tenaga buruh, truk, crean, forclif dan berbagai sarana penunjang lainnya.

Soft opening TPS pelabuhan kargo parit Rempak itu dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, FKPD, Perbankan, INSA, KKP, KSOP, Bea Cukai, tokoh masyarakat dan pihak BUP.

 

 

Editor: Codet Carladiva