Aunur Rafiq Kukuhkan dan Apresiasi Rumpun Melayu Bersatu

Karimun, beritakarimun.com – Datok Setia Amanah Bumi Berazam, Dr Aunur Rafiq didampingi Datin Setie Amanah, Raja Asmah menghadiri dan sekaligus mengukuhkan pengurus Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Kabupaten Karimun periode 2020-2025, di Gedung Nasional (GedNas)Karimun, Senin (3/8/2020).

Datok Setia Amanah Bumi Berazam, Dr Aunur Rafiq yang juga menjabat sebagai Bupati Karimun tiba di GedNas didampingi 14 Hulu Balang Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Kabupaten Karimun dan rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun.

Dalam pengukuhan tersebut, Zulkhainen SH,MH dipercaya untuk memimpin RMB Kabupaten Karimun masa periode 2020-2025.

“Berdasarkan surat mandat dari ketua RMBKK periode 2010-2015 untuk membentuk kembali kepengurusan RMBKK untuk masa bakti 2020-2025. Alhamdulillah pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2020, bertempat di gedung RMBKK dengan jumlah yang hadir lebih kurang 50 orang, Bapak Zulkhainen, SH.MH ditunjuk sebagai ketua umum RMBKK periode 2020-2025,” ungkap Raja Azli selaku Ketua panitia pengukuhan.

Dengan diiringi syair Gurindam 12 oleh Raja Siti Nuzul dan Raja Isriansyah, pengukuhan tersebut ditandai dengan pemasangan Tanjak Tebing Runtuh kepada Ketua umum Zulkhainen yang dahulu kerab digunakan oleh Datok-Datok Besar di Negeri Malaka Riau Lingga Kepulauan Riau.

Kemudian pemasangan selempang dan pemasangan Keris Selit Berhulu Burung Serindit yang dilanjutkan dengan penyerahan bendera RMB-KK dari ketua yang lama kepada ketua yang baru.

Dilanjutkan dengan prosesi tepuk tepung tawar kepada Ketua Umum RMB-KK terpilih oleh Datuk Setia Amanah Kabupaten Karimun, Ketua DPRD Kabupaten Karimun Muhammad Yusuf Sirat, Ketua Lembaga Adat Melayu (LMB) Kabupaten Karimun Abu Samah, Ketua RMB-KK yang lama Muhammad Taher, Serta Tok Kabar yang merupakan tokoh adat Melayu Kabupaten Karimun yang diiringi dengan asrakal.

Usai dilantik, Ketua RMB-KK Zulkhainen, SH.MH mengatakan bahwa pihaknya akan membangun mentalitas khususnya untuk seluruh pengurus rumpun Melayu bersatu.

Zulkhainen, SH.MH ketua umum RMBKK periode 2020-2025 (berita karimun)

“Kita akan mulai dengan membangun mentalitas sebagai pondasi ke depannya, kami akan membangun dialog dan diskusi yang produktif bagi kawan-kawan dari suku lain,” ujar Zulkhainen.

Zulkhainen berharap pemerintah Kabupaten Karimun ke depan dapat menjadikan Kabupaten Karimun sebagai mini Indonesia yang didalamnya terdapat berbagai suku yang selalu menjalin rasa kekeluargaan.

“Kita mengharapkan, masing-masing suku ini punya rumah adat masing-masing, kita harapkan di Kabupaten Karimun itu dapat menjadi mini Indonesian,” tuturnya.

Sementara itu, Datok Setia Amanah Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq mengapresiasi terhadap kepengurusan RMB-KK yang baru karena telah menempatkan Nurdin Basirun yang dikenal sebagai putra daerah terbaik dari Kabupaten Karimun menjadi Dewan Penyelia atau Dewan Pengawas yang diberi gelar Datuk Sri Kelana Setia Negeri. Rafiq berpesan agar tidak melupakan sosok Nurdin Basirun yang berjasa di negeri bumi berazam Kabupaten Karimun

“Saya memberikan apresiasi kepada pengurus RMB-KK yang baru dalam menempatkan orang-orang yang dituakan baik dari sisi usia, dari sisi jabatan, dari sisi pengalaman, dari sisi ilmu untuk didudukkan dalam struktur RMB, baik itu sebagai dewan pembina, dewan penyelia, termasuk telah memberikan penghormatan kepada sahabat kita, orang tua kita, abang kita, Bapak Doktor Haji Nurdin Basirun, dan beliau juga pernah memimpin kita yang tadi disebutkan sebagai Dewan Penyelia RMB-KK periode 2020-2025, Ini suatu hal yang sangat berarti bahwa kita orang Melayu tidak akan pernah melupakan jasa baik apa yang telah dilakukan. Jangan sesekali kita melupakan orang-orang yang telah berjasa di negeri ini dengan tidak menempatkan pada tempat yang semestinya,” ungkap Aunur Rafiq.

Rafiq juga berharap, seluruh anggota RMB-KK dapat menghindari sifat merajuk dalam berorganisasi sehingga dapat terbangun kekompakan yang kokoh.

“Orang melayu sangat besar, orang melayu sangat bersahaja, orang Melayu memang tak pandai marah, walaupun tak pandai marah tapi jangan lah mudah merajok, apalagi dalam membangun sebuah organisasi yang besar ini, hilangkan perasaan merajok, hilangkan perasaan marah, kita ambil dari gurindam 12 apabila dia marah di situ lah datangnye malapetaka,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rafiq yakin dan percaya bahwa RMB-KK akan mampu membawa organisasi ke arah depan yang lebih baik dan bisa bergandengan tangan dengan organisasi-organisasi masyarakat, OKP yang ada di Kabupaten Karimun.

“Mudah-mudahan RMB ini membangkitkan semangat anak tempatan yang menjadi tuan di negeri sendiri, harus bisa berbuat untuk negeri sendiri dan bisa mengayomi dan mengajak suku-suku lain bukan selalu untuk mendahului tapi saling bergandengan tangan membangun Kabupaten Karimun yang sama-sama kita cintai,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva