Malam Ini Mulai Pemadaman Listrik di Karimun

Karimun, beritakarimun.com –  PLN Rayon Tanjung Balai Karimun kembali melakukan pemadaman bergilir bagi seluruh pelanggan sejak malam ini, Kamis (23/3). Kondisi ini disebabkan terjadinya kerusakan mesin pada PLTD milik PLN juga termasuk kerusakan yang terjadi di PLTU, sehingga mengakibatkan terjadinya kekurangan daya.

General Manager PLN Rayon Tanjung Balai Karimun, Fauzar Zain mengatakan, ada dua unit mesin yang mengalami gangguan pada PLTD Bukit Carok. Sehingga menyebabkan sistem kelistrikan mengalami defisit daya sekitar 2,5 MW dari daya mampu saat ini sebesar 22,5 MW, dengan beban puncak sebesar 25 MW.

“Oleh sebab itu kami terpaksa melakukan pemadaman sementara secara bergiliran mulai malam ini, kamis (23/3) sampai dengan pengerjaan perbaikan selesai,” kata Fauzar.

Pihak PLN kata Fauzar, saat ini tengah berupaya melakukan perbaikan. Namun dirinya belum dapat berbuat banyak, karena masih menunggu pengiriman sparepart mesin yang akan datang beberapa hari lagi di Karimun. Setelah tiba baru dapat dilakukan penggantian peralatan yang rusak.

Untuk target penyelesaian, Fauzar belum dapat memastikan. Namun pemadaman bergilir yang dilakukan tidak akan berlarut larut sampai lama, kemungkinan dalam seminggu lebih sudah akan kembali normal.

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini. Secepatnya akan kembali normal,” ucapnya.

Kerusakan juga ternyata tidak hanya terjadi pada mesin PLTU Bukit Carok, tetapi juga terjadi pada PLTU Tanjung Sebatak, sehingga PLTU pun mengalami kekurangan daya sebesar 4 MW. Kondisi ini lah yang menyebabkan terjadinya kekurangan daya dan terpaksa dilakukan pemadaman

 

 

Reporter : Nichita Bella**
Editor     : Codet Carladiva