Bea Cukai Karimun Sita Ratusan Botol Anggur Merah

KARIMUN, BERITAKARIMUN.COM – Aparat Bea Cukai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menyita 79 karton atau 948 botol minuman beralkohol jenis anggur merah asal Batam.

“Barang-barang ini ditinggalkan pelaku penyelundupan yang melarikan diri dari kejaran petugas patroli,” kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun Abien Prastowidodo.

Minuman mengandung etil alkohol (MMEA) tersebut diangkut dengan boat pancung tanpa nama dari Kawasan Bebas Batam. Nakhoda mengandaskan boat itu ke pantai saat dikejar petugas patroli BC-500/KANCIL.

“Mereka melarikan diri ke daratan, sehingga petugas tidak punya kesempatan melakukan pengejaran,” Ujar Abien.

Abien menjelaskan, kapal patroli BC-500/KANCIL yang dikomandani Marwiyanto melakukan pengejaran boat dengan mesin tempel tersebut di sekitar perairan Selat Gelam, Karimun pada Selasa (13/10), sekitar pukul 22.38 WIB.

Ia menjelaskan, anggur merah merk Orang Tua yang diangkut kapal tersebut tidak dibenarkan dibawa keluar dari Kawasan Perdagangan Bebas Batam kecuali membayar cukai MMEA.

“Minuman beralkohol tersebut khusus untuk Kawasan Bebas Batam yang mendapat perlakukan khusus di bidang kepabeanan dan cukai,” Ujar Abien yang didampingi Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil BC Kepri R Evy Suhartantyo.

Menurut Abien,Minuman tersebut mengandung alkohol dengan kadar 14,7 persen yang diatur tata niaganya oleh Kementerian Perdagangan. Bea dan Cukai, kata dia, memiliki kewajiban untuk mengamankan peraturan dan kebijakan pemerintah.(ANT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.