Bukan Soekarnois, Jokowi di Tinggal Kadernya

Bukan Soekarnois, Jokowi di Tinggal KadernyaJAKARTA, BERITAKARIMUN.COM – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Zaki Mubarak menilai, internal PDI Perjuangan (PDIP) setengah hati alias tidak solid mendukung pencapresan Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2014.

Buktinya, kata dia, kader militan PDIP yang disebut-sebut sebagai orang dekat Megawati, Rustriningsih yang mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, itu membelot mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Menurut Zaki Mubarak, maraknya kader PDIP yang membelot atas keputusan PDIP, karena Jokowi dianggap bukan Soekarnois sejati.

“Jokowi bukan Soekarnois. Banyak kelompok Megawati menolak pencalonan Jokowi. Ibu Rustriningsih masuk dalam PDIP ideologis tidak mendukung Jokowi,” kata Zaki, di Jakarta, Minggu (29/6).

Memang, kata Zaki, sudah sejak lama banyak penilaian bahwa PDIP tidak solid untuk mendukung Jokowi. Menurutnya, banyak di internal PDIP kecewa terhadap pencalonan Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu.

“Karena Jokowi ini ke PDIP-annya diragukan. Sehingga banyak kelompok Soekarnois menolak pencalonan Jokowi,” tegas Zaki.

Selain Rustriningsih, Bupati Banjarnegara Tejo Slamet Utomo, yang diusung PDIP bersama wakilnya Hadi Supeno juga membelot mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei yang dirilis Indo Barometer menyebut, distribusi kader PDIP untuk mendukung pasangan Jokowi-JK terpecah. Sebesar 83,8% memberikan dukungan kepada Jokowi-JK dan 10,5% suara PDIP mendukung Prabowo-Hatta.

“Pemilih Gerindra lebih solid mendukung Prabowo-Hatta dibandingkan pemilih PDIP mendukung Jokowi-JK,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, di Jakarta, Selasa (17/6).(BPOL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.