Koalisi Terbanyak PDI Perjuangan di Pilkada 2020 Bersama Golkar

Karimun, beritakarimun.com – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan lebih banyak berkoalisi dengan Partai Golkar pada Pilkada 2020 yang digelar serentak di 224 kabupaten dan 37 kota di Indonesia ini.

Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto di acara pengumuman pasangan calon pilkada dari PDI-P secara virtual, Jumat (28/8/2020).

“Dari keseluruhan pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah, maka kerja sama tertinggi dilakukan dengan Partai Golkar, yakni sebanyak 46,” ujar Hasto.

Partai politik yang paling banyak berkoalisi dengan PDI-P selanjutnya, yakni PKB dengan jumlah 37, PAN pimpinan Zulkifli Hasan sebanyak 34 dan Gerindra berjumlah 33.

“Partai Demokrat 32, PPP 19 dan PKS 13,” papar Hasto.

Baca Juga: Puan Maharani: Untuk Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim

Hasto sekaligus menekankan bahwa dalam mengusung calon kepala daerah, PDI-P selalu mengedepankan proses kaderisasi yang berlangsung secara sistematik.

Hal itu terbukti ada 131 bakal calon bupati dan bakal calon wali kota adalah kader PDI-P.

Selain itu, ada 97 bakal calon wakil bupati dan bakal calon wali kota juga adalah kader PDI-P.

Sementara di pilkada tingkat provinsi, ada dua bakal calon gubernur yang merupakan kader PDI-P dan tiga lainnya sebagai bakal calon wakil gubernur.

“Ini juga menunjukkan proses kaderisasi berjalan dengan sistemik, hanya saja dari partisipasi calon perempuan yang dicalonkan oleh PDI-P itu adalah 25 persen,” ujar Hasto.

 

Editor: Redaksi