Segera Berlayar, KMP Tandemand Layani Rute Karimun – Sei Pakning

Karimun, beritakarimun.com – Kabar gembira, Kapal Motor Penumpang (KMP) Tandemand, dikabarkan akan launching, Rabu (26/8/2020) malam, melayani penyebrangan rute dari Pelabuhan Roro Parit Rampak Kabupaten Karimun ke Sungai Selari, Bukit Batu, Bengkalis Riau.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama Badan Usaha Kepelabuhanan (Dirut BUP) Kabupaten Karimun M Syahrizal, Selasa (25/8/2020).

“Sesuai dengan rapat kesekian kali, bersama teman-teman di mitra BPTD di kemetrian hubungan darat, dishub ,KSOP bahwa disepakati pelabuhan roro kabupaten Bengkalis setuju menerima pelayaran Kepulauan Riau ke Sumatera daratan melalui pelabuhan roro Bengkalis atau Pakning pelabuhan Sungai Selari. Informasi yang kami dapat dari ASDP bahwa launchingnya pelayaran dari Karimun ke sungai selari dengan nama kapal ‘KMP Tandemand’ itu pada hari Rabu malam tepatnya 26 agustus 2020 pukul 20:00 Wib, “kata Dirut BUP Kabupaten Karimun, M Syahrizal diruang kerjanya, Selasa (25/8/2020).

Syahrizal juga mengatakan untuk shedule KMP Tandemand telah dikeluarkan oleh pihak BPTD (Badan Pengawasan Transportasi Darat).

“Untuk fisik armada ready, shedule juga sudah dikeluarkan oleh pihak BPTD untuk wilayah sumatera sampai ke kepulauan, tanggal 26 agustus 2020, hari Rabu jam 8 malam dari Karimun, untuk PP (Pulang Pergi) nya hari Kamis jam 3 sore dari sungai pakning balik ke karimun, mudah-mudah pelayaran ini lancar,” katanya lagi.

Disinggung soal muatan, Syahrizal mengatakan untuk para calon penumpang KMP Tandemand untuk tidak membawa kendaraan melebihi dari bobot 8 ton.

Direktur Utama Badan Usaha Kepelabuhanan Kabupaten Karimun M Syahrizal (Codet Carladiva/berita karimun)

“Untuk kendaraan yang bisa diangkut tidak melebihi bobot dari 8 ton. saat ini kami proritaskan kendaraan roda dua, roda tiga dan roda empat minibus pribadi, untuk truk yang bermuatan 8 ton lebih tidak diizinkan” pungkasnya.

Dalam hal ini, Syahrizal menghimbau kepada calon penumpang yang ingin berangkat melalui pelabuhan Roro Parit Rampak untuk mematuhi protokol kesehatan demi memutuskan mata rantai Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tidak hanya itu calon penumpang wajib menunjukan surat keterangan Rapit Test kepada petugas.

“Kami juga menghimbau kepada calon penumpang di kabupaten Karimun yang ingin berangkat memasuki area pelabuhan wajib mempergunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari berjabat tangan dilapangan ,mohon maaf apalagi sampai salam perpisahan dan berpelukan saat dipelabuhan. selain itu calon penumpang juga wajib untuk mengisi biodata melalui via online, dan setiap penumpang juga diwajibkan memiliki surat keterangan Rapit Test tanpa membedakan usia, karena ini peraturan kesepakatan bersama dan rapat vicom kami nasional,” pesan Syahrizal.

Bagi para penumpang yang tidak dapat menunjukan surat keterangan Rapid Test dipastikan akan di karantina selama 14 hari.

“Apabila penumpang dari Karimun tidak dapat menunjukan surat keterangan kesehatan Rapid Test, maka apabila penumpang sampai di pelabuhan selari atau ke patning akan di karantina selama 14 hari,” ungkap Syahrizal.

Untuk menjaga keselamatan dan kesehatan, pihak BUP Karimun mengatur antrian para calon penumpang kapal di pelabuhan Roro Parit Rampak Kabupaten Karimun.

“Kami akan mengatur antrian calon penumpang yang akan naik kapal, semua kami lakukan juga demi menjaga kesehatan dan keselamatan para calon penumpang,” ujarnya.

Dengan adanya launching KMP Tandemand, pihak BUP berharap dapat membantu memulihkan prekonomian di Kabupaten karimun setelah dilanda Covid-19.

“Kami berharap dengan adanya launching kapal KMP Tandemand dapat membantu pertumbuhan ekonomi di pulau Karimun, kabupaten Karimun berjalan dengan baik setelah dihambat Covid-19,” tutupnya.

 

Berikut jadwal keberangkatan KMP Tandemand:

Rabu (10.00 Wib) : Tanjung punggur – Tanjung Balai Karimun
Rabu (20.00 Wib) : Tanjung Balai Karimun – Sei selari
Kamis (15.00 Wib) : Sei selari – Tanjung Balai Karimun
Jumat (08.00 Wib) : Tanjung Balai Karimun – Selat Beliah
Jumat (16.00 Wib) : Selat beliah – Tanjung Balai Karimun
Jumat (20.00 Wib) : Tanjung Balai Karimun – Tanjung punggur

Senin (08.00 Wib) : Tanjung Pinang – Tanjung Balai Karimun
Selasa (08.00 Wib) : Tanjung Balai Karimun – selat belia
Selasa (17.00 Wib) : Selat belia – Tanjung Balai Karimun
Selasa (19.00 Wib) : Tanjung Balai Karimun – Tanjung pinang
Kamis (08.00 Wib) : Tanjung pinang – Tanjung Balai Karimun
Kamis (20.00 Wib) : Tanjung Balai Karimun – Tanjung pinang
Minggu (08.00 wib) : Tanjung Pinang – Tanjung Balai Karimun
Minggu (20.00 wib) : Tanjung Balai Karimun – Tanjung Pinang

Editor: Codet Carladiva