Rapat Koordinasi Desk Pilkada Digelar, Ini Pesan Sekda Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah memimpin rapat koordinasi (Desk Pilkada) tim pemantau perkembangan kondisi politik daerah Kabupaten Karimun di Gedung Nilam Sari Komplek perkantoran Pemkab Karimun, Jum’at (10/7/2020).

Rapat Koordinasiyang bertujuan untuk menginventarisir dan mengantisipasi permasalahan yang terkait dengan pelaksanaan pilkada itu sebelumnya dibuka oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

“Rapat koordinasi ini adalah merupakan upaya-upaya kita bagaimana untuk melaksanakan Pilkada di Kabupaten Karimun ini secara benar dan bagus sesuai dengan regulasi yang ada sehingga perlu ditingkatkan koordinasinya, kita tekankan para Camat Lurah dan Kades untuk sampaikan ke masyarakat terkait Pemilu Pilkada, jangan sampai masyarakat tidak tahu dan tidak mengerti tahapan-tahapannya,” ungkap Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah mengatakan bahwa rapat koordinasi yang dilakukan bersama seluruh stakeholder yang terlibat baik itu KPU, Bawaslu, Camat, Kades dan Lurah serta instansi FORKOPIMDA yang ada itu menyampaikan beberapa poin penting.

“Dalam rangka untuk bersama-sama bersinergi menaukseskan pilkada Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, beberapa poin yang kita sampaikan pada peserta baik itu kita ambil narasumbernya dari KPU sesuai dengan fungsinya, bagaimana peran dan fungsinya KPU dan bagaimana tahapan-tahapan Pilkada yang mereka persiapkan, kemudian Bawaslu sebagai mana pengawas juga menyampaikan beberapa item yang perlu disampaikan kepada ASN terutama pejabat negara yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dan peran dan fungsinya dan bagaimana KPU mengawasi hal tersebut,” kata Firmansyah.

Dalam kondisi dan situasi dunia yang sedang dilanda wabah covid-19, Firmansyah mengajak bagaimana caranya agar Pemilu Pilkada dapat berjalan dengan sukses.

“Yang terpenting mari kita bersama-sama sesuai dengan tupoksi kita masing-masing baik itu pejabat Negara baik itu Forkompinda baik itu petugas pelaksana Pemilu Pilkada dan mari kita bersama-sama bersinergi dengan tugas dan fungsi kita masing-masing, tujuan akhirnya bagaimana suksesnya Pilkada dalam kondisi covid 19 ini,” jelasnya.

Kepada seluruh ASN, Firmansyah juga berpesan agar tetap bersifat netral dalam Pemilu Pilkada yang akan digelar akhir tahun 2020 mendatang.

“Selaku Sekretaris Daerah saya mengimbau agar para PNS ikuti aturan main PNS dalam rangka Pilkada ini tetap bersifat netral, tidak melakukan politik praktis dan tidak terlibat secara langsung dalam rangka mensukseskan atau berpartisipasi pelaksanaan pilkada tahun 2020,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva