Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono Temui Prajuritnya di Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Demi memberikan penghargaan terhadap prajurit Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) yang sudah berupaya melakukan penindakan terhadap penyelundup narkoba jenis Sabu seberat 2 Kilogram, Panglima Koarmada I, Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono rela terbang ke Tanjung Balai Karimun pada Rabu (17/6/2020).

Tepatnya pukul 13.05 WIB Pangkoarmada Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono beserta rombongan tiba di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Kelurahan Sei Bati Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Provinsi Kepri dengan menggunakan Pesud TNI AL jenis Cassa U-6211 dan disambut oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono, serta Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama FKPD Kabupaten Karimun.

Panglima Koarmada I Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono tiba di bandara Raja Haji Abdullah, Kabupaten Karimun di sambut Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat (Nichita/berita karimun)

Menurut pantauan beritakarimun.com, Pangkoarmada I bersama rombongan disambut oleh riuhnya tabuhan Kompang dan penaburan beras kunyit.

Sebagai tamu agung, Ahmadi Heri Purwono dipasangkan sebuah tanjak yang merupakan tradisi adat Melayu Karimun yang diserahkan langsung oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun.

Dalam kunjungan, Ahmadi membawa serta Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto, Asrena Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Dadang Somantri, Asintel Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Edi Kresna Murti, Asops Pangkoarmada I, Kolonel Laut (P) Deny Prasetyo, Aslog Pangkoarmada I, Kolonel Laut (T) M. Taufiq Hidayat, Koorsmin Pangkoarmada I Kolonel Laut (KH) Ambar Suwardi, Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Fajar Trirohadi, ADC Pangkoarmada I, ADC Danguskamla Koarmada I, serta ADC Danlantamal IV.

Ahmadi bersama rombongan langsung menuju ke Mako Lanal TBK untuk bertemu dengan para prajurit yang sudah berupaya menjaga keamanan laut di perbatasan antara tiga negara Indonesia, Malaysia, Singapura.

“Saya baru dua minggu menjabat Pangkoarmada I, sehingga Saya ingin bertemu prajurit-prajurit saya yang bertugas di Lanal TBK terutama yang berprestasi. Saya inginkan sampaikan, Kita adalah bagian dari peran Tuhan, maka Kita harus selalu ingat kepada Tuhan dimanapun betugas. Kita adalah garda terdepan, tidak ada ketakutan jika selalu ingat kepada Tuhan,” ujar Panglima Koarmada I, Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono.

Ahmadi berpesan kepada para prajurit untuk tetap menjaga nama baik TNI AL serta memiliki prinsip yang padai bersyukur.

“Jaga selalu nama baik TNI khusus TNI Angkatan Laut, jika melaksanakan itu sama dengan menjaga marwah Koarmada I. Kemudian, Saya ingin kalian punya prinsip menjadi orang yang pandai bersyukur, ikhlas, berpikir positif thinking, menjaga profesionalitas, dan jaga fisik/kesehatan. Komandan lanal bawa anak buah gembira bekerja hidupkan suasana yang harmonis, saling bersinergi dengan satuan samping, lalu Saya pesankan, Danlanal harus mengetahui setiap permasalahan prajurit, lakukan pembinaan jangan sampai terlibat dengan hukum,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, Ahmadi juga berpesan kepada para prajuritnya untuk turun aktif dalam penanggulangan Covid-19.

“Saya ingin meyakinkan peran satuan bawah saya kepada masyarakat tentang penanggulangan covid, sesuai perintah kami harus hadir ikut di dalam mensosialisasikan protokol covid itu, menyadarkan masyarakat bahayanya covid-19, bersyukur Karimun masih zona hijau namun kita tidak boleh lengah, karena ini merupakan daerah transit dari zona merah. Kita ada Satgas patroli di laut dengan membawa APD dan Pengukur suhu, kita juga antisipasi untuk prajurit kita. Saya harapkan Lanal mampu berperan untuk masyarakat,” jelas Pangkoarmada I

Usai memberi penghargaan kepada para prajurit Lanal TBK dan Lanal Dumai, Ahmadi dan rombongan malakukan peninjuan Kapal Angkatan Laut (KAL) bernama ‘Pelawan’ milik Lanal Tbk.

“Lanal Tbk telah menambah kekuatan dengan pengadaan sebuah KAL bernama ‘Pelawan’ dengan harapan dapat mengintensifkan lokasi, untuk seluruh jajaran baik dari Tanjung Pinang, Tanjung Balai dan lainnya, mari brantas hal-hal ilegal disepanjang selat malaka ini dengan upaya semaksimal mungkin,” terangnya.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva