PT Timah Sumbang Kapal Ambulans Laut Untuk Masyarakat

Karimun, beritakarimun.com – PT. Timah (Persero) TBK wilayah operasi Kepulauan Riau (Kepri) dan Riau melakukan penyerahan berupa Kapal Ambulans laut bernilai 1,8 Miliar kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karimun melalui Bupati Karimun untuk membantu melayani masyarakat kecil di luar Pulau Karimun yang akan di rujuk ke rumah sakit di Pulau Karimun.

Penyerahan kapal tersebut dilakukan secara simbolis oleh General Manager (GM) PT. Timah Adam Darmawan kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq. Usai dilakukan penyerahan secara simbolis Bupati Rafiq langsung menyerahkan kapal ambulans tersebut kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun Nasrial di Gedung Nasional, Rabu (3/6/2020).

“Pengadaan kapal ambulan laut yang kita bawa dari Bangka ini merupakan zakat yang dipotong 2,5 persen dari seluruh karyawan muslim di PT. Timah TBK, zakat tersebut dikumpulkan setiap bulan oleh Baznas PT. Timah dengan jumlah karyawan muslim sekitar 3.800 orang. Selain itu kita juga sudah menyerahkan sembako dan rumah layak huni dari zakat tersebut kepada masyarakat yang ada di daerah pulau Kundur dan Karimun,” ungkap GM PT. Timah Adam Darmawan dalam sambutannya.

Adam berharap dengan apa yang pihaknya berikan dapat membantu mempermudah pemerintah dalam melayani masyarakat kecil di luar Pulau Karimun yang membutuhkan transportasi saat ingin di rujuk ke rumah sakit di Karimun.

“Semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Karimun sehingga pelayanan kesehatan bisa terbantu, untuk biaya operasional tahap awal kami baru bisa membantu 300 juta per tahun, namun masih akan kami bahas kembali dengan pihak Baznas PT.Timah. Kami juga mohon dukungan atas kegiatan operasi kami yang ada di Kabupaten Karimun, semoga bisa langgeng bisa panjang sehingga kami dapat terus berbagi dan berkontribusi,” ujarnya.

Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Nasrial mengatakan bahwa penyerahan zakat berupa kapal yang dipergunakan untuk mengantarkan masyarakat kecil yang akan dirujuk ke rumah sakit di Karimun yang berasal dari pulau-pulau itu merupakan inisiatif pertama di Indonesia.

“Ini merupakan kapal ambulan laut perdana di Indonesia yang diadakan PT. Timah untuk masyarakat Kabupaten Karimun yang kurang mampu, setelah kita perhitungkan, untuk dana operasional pertahun itu mencapai 1,3 miliar, dari Baznas Kabupaten Karimun pertahun hanya mampu mengeluarkan 150 juta rupiah, dan PT. Timah 300 juta rupiah, untuk kekurangannya kami berharap bapak Bupati bisa mencarikan solusi agar masyarakat yang kurang mampu dapat terbantu dengan beroperasinya kapal ambulan tersebut, juga kita harapkan bantuan solusi dari Baznas Kepri,” ujar Nasrial.

Bupati Karimun Aunur Rafiq langsung menyerahkan kapal ambulans kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Karimun Nasrial (Nichita/berita karimun)

Kata Nasrial, untuk mendapatkan fasilitas tersebut tentunya masyarakat dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, harus ada pengantar dari dinas kesehatan atau puskesmas dari daerah masing-masing, juga surat keterangan miskin dari lurah, kita akan stay di dua pelabuhan, yakni di pelabuhan Selat Beliah dan Pelabuhan KPK, jika dari pulau lain di Kabupaten Karimun membutuhkan bantuan kita akan jemput. Dalam kapal tersebut kita bisa membawa 2 orang pasien sekaligus, untuk yang mampu juga boleh, namun kita kenakan biaya,” terang Nasrial.

Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Karimun, Bupati Karimun Aunur Rafiq sangat mengapresiasi dengan apa yang telah diberikan oleh keluarga besar PT. Timah melalui uang zakat yang telah dikumpulkan.

“Kita sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh keluarga besar PT. Timah, kita doakan semoga para muzakki Allah berikan kelapangan rezeki. Untuk biaya operasional yang dikelola Baznas Karimun yang masih kurang kami akan bergotong-royong, nanti kita akan bahas pada APBD Perubahan nanti. Namun ini bukan untuk seluruhnya tapi untuk keluarga yang kurang mampu yang memerlukan uluran tangan kita apabila mereka mengalami kesulitan pelayanan kesehatan yang harus melakukan rujukan dari pulau ke RSUD Karimun atau ke Kota Batam. Ini kita berikan pelayanan transportasi secara gratis bagi pasien yang kurang mampu,” ungkap Bupati Rafiq.

Usai melakukan penyerahan secara simbolis, Bupati Karimun bersama GM PT. Timah dan Ketua Baznas Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri serta para pimpinan FKPD langsung menuju Pelabuhan Internasional untuk melakukan uji coba terhadap kapal Ambulan laut tersebut yang diawali dengan pemotongan pita oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva