Penyambutan Kapolres Baru di Karimun Tanpa Pedang Pora

Karimun, beritakarimun.com – Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau (Kepri) dipimpin AKBP DR. Muhammad Adenan AS menggantikan AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto sebagai Kapolres Karimun berdasarkan Surat Telegram nomor ST/1382/V/2020 tanggal 1 mei 2020.

Suasana pergantian tersebut terlihat berlangsung berbeda, Kapolres Karimun AKBP DR. Muhammad Adenan AS yang tanpa didampingi Ketua Bhayangkari yang baru yakni Ny. Mona Adenan disambut dari pintu masuk gerbang Mapolres Karimun dengan diawali pengecekan suhu tubuh oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polres Karimun Polda Kepri.

Penyambutan yang biasanya menyuguhkan tarian persembahan sekapur sirih, namun ditiadakan karena masih dalam kondisi wabah Covid-19 yang sudah berstatus pandemi. Tradisi amat dibatasi demi keselamatan bersama.

Kapolres Adenan disambut dengan pengalungan bunga oleh anggota berkain songket dan bertanjak dengan tidak menghilangkan budaya Melayu di bumi berazam.

Begitu juga dengan prosesi pedang pora yang kerap kali dilakukan, namun karena masa pandemi juga ditiadakan.

Baca Juga: Kapolda Kepri Pimpin Sertijab Kapolres Karimun

Kapolres disambut dengan pasukan jajar hormat yang berbaris dengan jarak sesuai protokol keamanan penanggulangan covid-19.

Didampingi Wakapolres Karimun Kompol Chaidir, Kapolres Adenan menelusuri barisan berjarak menuju depan rupatama Polres Karimun dan disambut mesra oleh Kapolres Karimun yang lama yakni AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto yang juga tanpa didampingi sang istri Ny. Desi Yos Guntur menuju ruangan kerja Kapolres Karimun.

Baca Juga: AKBP Yos Guntur Akui Tingkat Kekeluargaan di Kabupaten Karimun Sangat Tinggi

Kemudian Paparan Lapsat Kapolres yang lama di ruang Rupatama Polres Karimun, AKBP Yos Guntur mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PJU Polres Karimun dan Personel Polres Karimun atas kerjasamanya. AKBP Yos Guntur memperkenalkan para PJU Polres Karimun satu persatu kepada Kapolres Baru.

Kapolres Karimun AKBP DR. Muhammad Adenan AS salam siku bersama mantan Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto (Nichita/berita karimun)

Kemudian penyampaian situasi umum Polres Karimun, penyampaian situasi kesatuan Polres Karimun serta penandatanganan dan penyerahaan memori serah terima.

“Terimakasih dan selamat jalan kepada AKBP Yos Guntur, kami doakan semoga karir ke depan sukses dan cemerlang, dan tak lupa dengan Polres Karimun. Sebagai orang baru saya mohon dukungannya sehingga bisa bekerja sama dalam rangka melaksanakan tugas , mohon bimbingannya, sehingga kita bisa melanjutkan apa yang sudah dilakukan pejabat lama lebih optimal lagi, sambil berjalan kita persamakan persepsi kedepannya,” ungkap Kapolres Karimun AKBP DR. Muhammad Adenan.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva