Prank Sembako ke Waria, Youtuber Ferdian Paleka Dipolisikan

Jakarta, beritakarimun.com – Youtuber Ferdian Paleka dilaporkan ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat terkait konten prank atau jahil yang ia unggah di akun youtube-nya.

Youtuber asal Bandung itu dilaporkan atas dugaan perbuatan tak menyenangkan karena unggahan video prank di Youtube terkait pemberian bingkisan berisi sampah kepada waria.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga mengatakan Ferdian dilaporkan pada Minggu (3/5/2020) malam. Namun, ia tak mengungkapkan identitas pelapor tersebut.

Saptono mengungkapkan laporan terhadai Ferdian itu berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dia menerangkan pada malam tadi, pihak kepolisian juga sempat menyambangi kediaman Ferdian di Kota Bandung untuk mencari tahu keberadaan. Hingga saat ini, kata Saptono, polisi juga masih mencari keberadaan Ferdian.

Saptono menyebut pencarian keberadaan Ferdian itu berkaitan dengan laporan yang telah diterima pihak kepolisian.

Terpisah, Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Polisi Galih Indragiri mengonfirmasi mengenai kedatangan petugas untuk mencari Ferdian di kediamannya semalam.

“Ada tim gabungan Satreskrim Polrestabes dengan unit Polsek Kiaracondong yang menangani kasusnya,” kata Galih kepada wartawan, Senin (4/5/2020).

Galih belum merinci keterangan pelapor atas dugaan perbuatan tak menyenangkan yang dilakukan Ferdian. Namun, pihaknya memastikan akan menindaklanjuti laporan korban.

Kasus ini bermula dari unggahan akun Youtube bernama Ferdian Paleka. Dalam video tersebut, sang Youtuber bersama dua rekannya sempat menayangkan rekaman video berjudul ‘Prank Kasih Makanan ke Banci CBL’. Sayangnya, tayangan video tersebut sudah dihapus pada Senin (4/5/2020).

Namun, sejumlah akun menunjukkan jejak digital Ferdian Paleka. Salah satunya akun Youtube bernama Heaven Official. Akun ini disertai disclaimer dengan maksud agar penontonnya tidak meniru adegan yang diperlihatkan.

Konten itu diketahui merupakan sebuah prank yang ia tujukan kepada waria atau transgender dengan modus membagi-bagikan sembako.

Namun, nyatanya bukan sembako yang dibagikan Ferdian. Ia justru memasukkan sampah hingga batu ke dalam dus mie instan yang kemudian dibagikan ke waria yang didapatinya di jalanan.

Aksi prank yang dilakukan Ferdian kemudian viral di media sosial. Banyak masyarakat yang kemudian memberikan berbagai komentar terkait aksi yang dilakukan youtuber tersebut.

Dalam video rekaman Heaven Official, memperlihatkan beberapa pemuda berpura-pura memberikan sembako berisi sampah yang dibagikan kepada para waria di Kota Bandung.

Awalnya, sejumlah pemuda membawa dus karton. Kemudian dus karton itu diisi dengan sampah yang dipungut di tempat sampah. Para pemuda tersebut kemudian berkendara dengan menggunakan mobil untuk mencari targetnya dan membagikannya kepada para waria yang tengah mangkal di pinggiran jalan.

Video Ferdian yang menghebohkan itu mendapat protes dan kecaman dari para warganet.

Editor : Redaksi