Kakek 90 Tahun di Karimun Positif Covid-19

Karimun, beritakarimun.com – Salah satu pria berusia 90 tahun di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani dinyatakan positif covid-19 pada Kamis (23/4/2020) Siang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, Rachmadi saat dihubungi tim beritakarimun.com, pada Kamis (23/4/2020).

“Tadi siang kita mendapatkan informasi bahwa hasil swab salah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kita yang berumur 90 tahun telah keluar, hasilnya positif covid-19,” kata Rachmadi.

Kata Rachmadi, Pasien tersebut sebelumnya pernah dilakukan test menggunakan rapid test dan hasilnya positif (reaktif). Meski alat rapid test tidak terlalu akurat, namun saat ini hasilnya sama dengan hasil swab pasien tersebut.

“Pada tanggal 18 April 2020, kakek tersebut dinyatakan positif saat dilakukan tes menggunakan rapid test. Sehingga kita melakukan test terhadap 4 orang keluarga dari kakek tersebut dengan menggunakan rapid test, dan hasilnya juga positif (reaktif), namun ke empat keluarganya itu tanpa gejala sehingga kita isolasi di Puskesmas Meral Barat,” jelas Rachmadi

Rachmadi mengatakan bahwa riwayat perjalanan kakek tersebut yakni dari daerah Provinsi Riau, kakek tersebut mengunjungi anaknya yang berada di Karimun.

Baca Juga: Hasil Rapid Test, Satu Keluarga di Karimun Dinyatakan Reaktif

“Kakek itu tiba di Karimun pada tanggal 26 Maret 2020, kemudian pada tanggal 28 Maret Kakek tersebut memiliki gejala batuk pilek, pada tanggal 14 April 2020 Kakek tersebut di rawat di RSUD Muhammad Sani,” tuturnya.

Saat ini kondisi Kakek tersebut terbilang stabil. Sementara untuk keluarga yang terdiri dari anak, menantu dan cucunya masih menunggu hasil swab yang telah dikirimkan ke Jakarta.

“Kondisinya saat ini sudah stabil, menurut informasi gejalanya sudah hilang, kondisinya bagus. Sementara untuk keluarganya yang hingga saat ini disebut dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) masih kita isolasi di Puskesmas Meral Barat, kemarin kita sudah kirim hasil swabnya, tinggal tunggu hasilnya keluar,” ujarnya.

Hingga saat ini, yang telah dilakukan test cepat menggunakan rapid test sudah ada sebanyak 393 orang. Selain keluarga kakek tersebut, ada 2 PDP dan 1 ODP yang juga sedang menunggu hasil pemeriksaan lab PCR.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva