Pelaku Pecah Kaca Mobil Ditembak Polisi

Batam, beritakarimun.com – Tim Subdit-3 Ditkreskrimum Polda Kepulauan Riau (Kepri) berhasil melumpuhkan pelaku spesial pembobol pecah kaca mobil dengan timah panas, Minggu (19/4/2020). Pelaku bernama lengkap Rofli Sando asal Palembang, Sumatera Selatan ditangkap setelah menggondol uang hasil kejahatannya sebanyak Rp 200 juta.

Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Arie Dharmanto mengatakan pelaku melancarkan aksinya pada Sabtu (18/4/2020) di daerah Komplek Business Centre Marina City, Batam. Menurutnya, saat beraksi pelaku terekam kamera CCTV di sekitar lokasi berhasil menggondol uang sebesar Rp 200 juta dari salah satu mobil yang sedang terparkir.

“Hari ini tim subdit 3 Ditreskrimum menerima laporan jika pelaku sedang berada di depan Indomaret perumahan Cendana Kecamatan Batam Kota,” ujar Kombes Arie, Minggu (19/4/2020).

Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Arie Dharmanto (Agus Siswanto/berita karimun)

Arie mengatakan polisi yang mengetahui keberadaan pelaku langsung bergerak cepat ke lokasi. Dalam waktu singkat tim buru sergap mengepung pelaku yang diduga sedang mengincar mangsa berikutnya.

“Pelaku yang mengetahui aksinya telah diketahui polisi, pelaku mencoba berusaha kabur dengan sepeda motor, hingga akhirnya polisi melepaskan tembakan tepat ke arah kaki kiri pelaku,” katanya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, dirinya nekad melakukan aksi kejahatan lantaran sudah tidak bekerja lagi. Selain itu, dia memilih aksi tersebut karena ajakan oleh teman sekampungnya yang masih diburu polisi.

“Nggak tahu mau cari kerja apalagi di tengah kondisi saat ini, semua pada pengurangan karyawan dan saya diberhentikan dan akhirnya memilih nekad saja,” katanya.

Sejumlah barang bukti diamankan dari tas pelaku berupa buku BPKB mobil, STNK, 3 unit handphone, dan sebilah senjata tajam. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.

 

Editor: Redaksi