Anggota Polsek Meral Ringkus Pelaku Jambret

Karimun, beritakarimun.com – Anggota Polsek Meral, Polres Karimun berhasil meringkus seorang pria bernama Ahmad Muntalib (29th) akibat pernah merampas dompet milik warga Baran II, Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun saat sedang berjalan kaki menuju pasar Naga Mas pada Rabu (18/03/2020) lalu.

Kapolsek Meral Polres Karimun, AKP Doddy Santosa Putra kepada beritakarimun.com Kamis (9/4/2020) Siang mengatakan bahwa modus yang digunakan pelaku yang kerab disapa Talib itu adalah mengincar perempuan atau ibu-ibu yang akan pergi berbelanja sendirian di pagi hari.

“Modus yang selalu digunakan adalah mengincar perempuan atau ibu-ibu yang akan pergi berbelanja sendirian di pagi hari, kemudian pelaku dengan menggunakan kendaraan bermotor Merk Yamaha Xeon warna putih Orange Nomor BP 4212 IK, menutup muka dengan memakai helm berwarna hitam langsung menarik tas atau barang bawaan korban secara paksa dan kabur,” ungkap Doddy.

Dihadapan polisi, pelaku mengaku nekat melakukannya karena tidak memiliki pekerjaan. Dari hasil kejahatannya ia juga mengaku dipergunakan untuk membeli makanan sehari-hari.

“Alasannya melakukan itu untuk beli makan karna sudah tidak bekerja, pelaku merampas tas korban yang berisi uang Rp 130.000, 1 unit Handphone merk Advance warna hitam, 1 unit Handphone merk Nokia type 105 warna hitam serta 5 buah anak kunci rumah, sehingga korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih 1 juta rupiah,” jelas Kapolsek Doddy.

Pelaku yang berhasil dibekuk di depan Minimarket Naga Mas Kelurahan Baran Barat Kecamatan Meral pada Sabtu (21/3/2020) pagi itu mengaku sudah dua kali melakukan tindakan yang sama.

“Setelah dilakukan interogasi awal, pelaku akhirnya mengakui telah 2 kali melakukan pencurian dengan kekerasan (Jambret) 2 hari berturut-turut pada tanggal 17 dan 18 Maret 2020 lalu yang mana korbannya semua perempuan, setelah menguras isi tas, pelaku juga membakar tas milik korban untuk berupaya menghilangkan barang bukti,” ujarnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 365 Ayat (1) K.U.H.Pidana Tindak Pidana ‘Pencurian dengan Kekerasan (Jambret) dengan ancaman penjara paling lama 9 tahun.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva