Hadapi Musim Covid-19, Disduk Capil Karimun Gunakan Pelayanan via WhatsApp

Karimun, beritakarimun.com – Guna memutuskan mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun membuka pelayanan dokumen kependudukan secara online.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar kepada beritakarimun.com, Jum’at (3/4/2020) Siang.

“Sehubungan dengan adanya wabah covid-19 ini, kita menggunakan alternatif untuk membuka pelayanan dokumen kependudukan tanpa harus tatap muka,” ungkap Muhammad Tahar.

Tahar mengatakan untuk saat ini pihaknya melakukan pelayanan dokumen kependudukan secara online melalui aplikasi WhatsApp, baik itu untuk mengurus kartu Kelurga (KK), KTP, Akta Kelahiran dan Kematian, Akta Perkawinan, serta update data BPJS, Bank dan lainnya.

“Kita menggunakan alternatif via aplikasi WhatsApp sebagai media pengurus administrasi kependudukan di Kabupaten Karimun, bagi yang mau membuat via WhatsApp semua dokumen persyaratan wajib di foto atau di scan dan dikirimkan ke nomor yang telah disediakan sesuai jenis pelayanan yang akan digunakan,” kata Tahar.

Bagi yang tidak paham mengunakan secara online, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun tetap menyediakan secara manual seperti biasa, hanya saja pelayanan sedikit dibatasi.

“Kalau untuk masyarakat yang kurang paham menggunakan teknologi aplikasi WhatsApp, kita tetap menyediakan layanan tatap muka dengan syarat dibatasi hanya lima orang saja yang boleh masuk dan diberi jarak 1 hingga dua meter, sehingga dapat mencegah penyebaran covid-19,” ujar Tahar.

Dalam hal ini, Tahar juga mengatakan wabah Covid-19 sangat melumpuhkan aktifitas pembuatan dokumen dan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun. Ia berharap masyarakat memaklumi kondisi dan situasi saat ini.

“Sehubungan dengan adanya wabah covid-19 ini dihimbau pada masyarakat kalau tak penting betul tak usah lah dulu ngurus dokumen kependudukan, kalau nak ngurus KTP blangko nya pun lagi kosong kita tak bisa jemput ke Jakarta, sehingga hari ini kita tak bisa lagi menerima pencetakan e-KTP dan perekaman , saat ini kita hanya bisa memberikan surat keterangan (SURKET) sebagai pengganti KTP sementara hingga keadaan membaik seperti semula,” pungkasnya.

Berikut nomor WhatsApp yang bisa dihubungi untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun:

1. Kartu Keluarga (KK) dan Surket KTP ; 085668424833
2. Surat Pindah atau datang : 085668424686
3. Akte Kelahiran atau Kematian ; 085356227879
4. Akta Perkawinan : 081267712016
5. Update data BPJS atau Bank Dll: 082390060009

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva