Hari Ini, ODP Covid-19 Mulai di Karantina

Karimun, beritakarimun.com – Orang Dalam Pantauan (ODP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), hari ini (31/3/2020) mulai menjalani karantina di SMP Negeri 2 Binaan, Tebing, Kabupaten Karimun.

“Sesuai dengan perintah pak Bupati hari ini dibuka tempat ODP Covid-19 di SMP Negeri 2 Binaan Tebing,” ujar Camat Tebing Abdul Gafar kepada beritakarimun.com, Selasa (31/3/2020).

Gafar mengatakan langkah awal menangani ODP yakni mengisolasikan selama 14 hari, jika masa waktu yang ditentukan dalam kondisi sehat akan segera di pulangkan kerumah masing-masing.

“ODP yang masuk akan diperiksa oleh pihak Dianas Kesehatan, akan diisolasi (karantina) selama 14 hari, jika masa waktu yang ditentukan ODP dinyatakan sehat akan dipulangkan kerumah, Kita pisahkan mereka (ODP) dari keluarga bertujuan untuk mudah memantau,” kata camat Gafar.

Gafar juga mengatakan pemerintah sudah menyiapkan 10 ruangan SMPN 2 Tebing untuk para ODP.

“Sudah kita siapkan 10 kamar, 1 kamar berisi 6 tempat tidur, kita juga sudah siapkan dapur umum depan SPBU,” jelas Gafar.

Sementara itu, ketua Umum DPP Jaringan Anak Tempatan (JANTAN), Raja Muhamat Taufik, bersama para pengurusnya ikut dalam relawan di lokasi SMP Negeri 2 Binaan mengatakan sudah ada ODP yang diterima.

Para Relawan ODP Covid-19 di SMPN 2 Binaan Tebing (berita karimun)

“Untuk kecamatan Meral ada 7 orang ODP yang masuk hari ini, untuk kecamatan Tebing 3 orang ODP, semua laki-laki dan kawan-kawan ODP ini semua saudara-saudara kita Karimun,” ujarnya.

Raja Muhamat Taufik yang akrab disapa Wak Betanjak juga berharap kepada Organisasi Masyarakat (Ormas) atau OKP yang ada di Kabupaten Karimun untuk dapat bersinergi membantu pemerintah dalam menangani penanganan ODP serta pencegahan Covid-19

“Karena merupakan misi kemanusian dan sekaligus membantu pemerintah, kami berharap kepada kawan-kawan ormas di Kabupaten Karimun dapat juga memberikan sumbasih tenaga, persoalan ini persoalan kita bersama,” tutupnya.

 

Editor: Codet Carladiva