Dr.Dyah Nurwidiasih Imbau Masyarakat Karimun Patuhi Physical Distancing Bukan Putus Silaturahmi

Karimun, beritakarimun.com – Dokter Spesialis Paru RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun, dr. Dyah Nurwidiasih menghimbau kepada masyarakat Kabupaten karimun agar dapat mematuhi imbauan pemerintah daerah untuk melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah (Physical Distancing).

“Atas nama seluruh tim medis Kabupaten Karimun saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk tidak hanya membatasi perkumpulan baik itu berkumpul keluarga hingga berkumpul dalam jumlah yang amat banyak, namun juga menerapkan untuk menjaga jarak fisik untuk mencegah penyebaran virus corona,” ungkap dr. Dyah kepada beritakarimun.com, Jum’at (27/3/2020).

Pasalnya, hal itu dilakukan untuk menekan angka bertambahnya penyebaran wabah virus Covid-19 yang mengkhawatirkan.

“Himbauan tersebut bukan dimaksudkan untuk memutuskan tali silahturahmi antar masyarakat, tapi dilakukan sebagai bentuk upaya memutuskan rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Karimun, kami sangat berharap masyarakat dapat memperhatikan ini,” ujarnya.

Penanggung jawab terhadap penanganan Covid-19 di RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun itu sangat berharap masyarakat sebisa mungkin melakukan aktivitas di dalam rumah, mulai dari bekerja, belajar, hingga beribadah. Adapun, saat di kerumunan, masyarakat harus membatasi jarak dengan orang lain, minimal sejauh 1 hingga 2 meter.

Menurutnya, himbauan yang diberikan baik dari pemerintah daerah juga kepada masyarakat bukan bertujuan untuk memutuskan pertemanan dan persaudaraan, namun melainkan untuk kebaikan bersama. Ia menjelaskan masyarakat masih tetap dapat berinteraksi dengan orang-orang terdekat dengan mengunakan kecanggihan teknologi saat ini

“Bukan tentang memutuskan kontak dengan teman, rekan hingga keluarga, tetapi menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit itu tidak menyebar. Masyarakat tetap perlu melakukan interaksi sosial, masyarakat dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dengan berhubungan via telepon serta dapat menggunakan media sosial, apalagi sekarang sudah bisa video call, sebaiknya kita menggunakan cara itu dulu sampai kasus covid-19 ini dinyatakan hilang,” ucapnya.

Berikut Saran Penting dari Dokter penanggungjawab Covid-19 di Kabupaten Karimun:

1. Menghindari kerumunan orang
2. Bekerja dari rumah
3. Tidak boleh bersalaman, bergandengan tangan hingga berpelukan
4. Menghindari menghadiri undangan (pernikahan, dll yang hubungannya dengan adanya kerumunan)
5. Tidak keluar rumah dan mengurangi frekuensi pergi ke pasar atau minimarket, pergi hanya saat mendesak
6. Tidak bepergian ke Luar Negeri dahulu
7. Olahraga sebaiknya di dalam rumah
8. Menghindari menggunakan transportasi publik
9. Mengurangi berjalan kaki/ bersepeda di luar
10. Mengurangi acara kumpul keluarga
11. Yang terpenting sering cuci tangan

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva