Masjid Agung Karimun Hentikan Sementara Sholat Berjamaah

Karimun, beritakarimun.com – Corona virus Disease 2019 atau disingkat dengan Covid-19 menghambat semua aktifitas di dunia termasuk dalam urusan ibadah umat muslim. Hal tersebut berdampak di masjid-masjid yang ada di Indonesia khusunya di kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Kabupaten Karimun telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 041/DKM-MAK/B/III/2020 Tentang pelaksanaan Ibadah di Masjid Agung Kabupaten Karimun terkait tanggap darurat penularan infeksi Corona virus Disease-2019 (COVID-19).

“Maka untuk sementara waktu DKM-Masjid Agung Karimun Tidak Menyelenggarakan Sholat Berjama’ah, baik Sholat Fardhu Jum’at maupun Sholat Fardhu 5 (Lima) Waktu, tidak melaksanakan kegiatan/aktifitas mengumpulkan orang (jama’ah) banyak yang diyakini dapat menjadi media penularan/penyebaran Covid-19 seperti Pengajian Rutin, Pengajian Bulanan, Pengajian Umum, Majelis Ta’lim dan lain- lain sampai ditentukannya kembali keadaan dan kondisi normal kembali,” ujar Ketua DKM Masjid Agung, Zulfan batubara, saat dihubungi beritakarimun.com, Kamis (26/3/2020) siang.

Namun Zulfan tidak melarang bagi jama’ah yang hendak melakukan ibadah perseorangan di masjid Agung Karimun.

“Tetap mempersilahkan dan memberi izin kepada jama’ah perseorangan yang ingin melaksanakan sholat di masjid Agung Karimun,” katanya.

Dalam Surat Edaran yang ditandatangani oleh Ketua DKM Masjid Agung Zulfan Batubara menyebutkan Adzan tetap berkumandang, Imam dan Bilal tetap hadir seperti biasa sesuai jadwal yang telah ditentukan. Bilal tetap membaca Al Qur’anul Karim 10 menit menjelang Adzan dan ketika mengumandangkan Adzan mengganti lafadz ‘hayya ‘alas shalaah” dengan lafadz ‘Shollu fii buyutikum’ sebagaimana Hadits Riwayat Ibnu Abbas dalam Shalih Muslim Nomor 901.

Dalam hal ini, Zulfan juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun untuk selalu menjaga kesehatan dan tidak meninggalkan sholat dan perintah Allah Swt walau sedang dilanda Covid-19.

 

Editor: Codet carladiva