Ditangkap Warga, Maling HP Diserahkan ke Kantor Polisi

Karimun, beritakarimun.com – Himbauan Pemerintah Daerah agar warga Karimun berada di dalam rumah masing-masing pasca adanya wabah virus Covid-19, tidak di dengar oleh seorang pria bernama Rahim (46th), warga Paya Manggis Kelurahan Baran Timur Kecamatan Meral. Rahim diketahui nekat keluar rumah dan memasuki rumah salah satu warga Kampung Suka Jaya RT 002 RW 004, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, pada pukul 04:20 Wib, Senin (23/03/2020).

Kepala Satuan Reserse Kriminal (KasatReskrim) Polres Karimun, AKP Herie Pramono, mengatakan gerak-gerik Rahim yang mencurigakan terlihat salah seorang warga setempat saat hendak melakukan sholat subuh.

“Pada Hari Senin tanggal 23 Maret 2020 sekira pukul 04.00 wib, tetangga korban yang ingin melaksanakan sholat subuh tiba-tiba mendengar jendela rumahnya berbunyi, kemudian tetangga korban keluar dan melihat pelaku (Rahim) sedang berada di gang rumah korban, setelah tetangga korban melihat pelaku dengan gerak gerik yang mencurigakan, tetangga korban langsung menangkap pelaku dan teriak memanggil korban,” kata Herie.

Sambung Herie, Korban yang mendengar teriakan di depan rumahnya langsung keluar dan langsung melihat pelaku.

“Tetangga korban langsung menangkap dan teriak memanggil korban, setelah korban keluar rumah, korban langsung masuk ke rumah mencari handphonenya untuk menghubungi pihak kepolisian, namun handphonenya merk Xiaomi yang diletakkan di atas meja TV ruang tamu ternyata hilang,” jelas Herie.

Mengetahui Ponsel miliknya hilang, korban pun menanyakan Hp miliknya dengan pelaku.

“Korban menanyakan kepada pelaku tentang handphone miliknya dan pelaku mengakui telah mengambilnya, kemudian masyarakat langsung menyerahkan pelaku ke Polres Karimun,” ujar Herie.

Kata Herie, modus operandi yang dilakukan pelaku yakni masuk kerumah korban yang sudah diintai sebelumnya pada dini hari. Untuk melakukan aksinya pelaku masuk lewat jendela yang tidak terkunci dengan mengunakan kursi.

“Pelaku melakukan pencurian dengan mengintai rumah korban terlebih dahulu dan mencari pintu atau jendela yang tidak di kunci oleh pemilik rumah. Pelaku memanjat dengan menggunakan kursi plastik. Pelaku mencuri Handphone merk Xiaomi warna silver hitam yang menurutnya bermaksud untuk digunakan pribadi,” pungkasnya.

Akibat dari perbuatannya, Pasal yang disangkakan terhadap pelaku yakni Pasal 363 Ayat (3) K.U.H.Pidana yang berbunyi barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah.

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva