Pemerintah Daerah Tunjuk Puskesmas Meral Barat Tempat PDP Covid-19

Karimun, beritakarimun.com – Terkait penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), mengambil langkah mempersiapkan dua rumah sakit sebagai rujukan.

“Untuk penyiapan rumah sakit, kita ada dua rumah sakit sebagai rujukan RSUD Muhammad Sani dan RS Bakti Timah (RSBT), kita juga punya 13 puskesmas. Dari data yang kita miliki bahwa pasien dalam pengawasan ada 155 kemudian yang sudah selesai pengawasan ada 24, yang sedang dalam pengawasan 131 itu semuanya isolasi mandiri di rumah yang terSebar di kecamatan-kecamatan di 49 rumah,” kata Bupati Rafiq usai menggelar rapat bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Cempaka Putih, Kantor Bupati Karimun, Senin (23/3/2020).

Namun apabila terjadinya lonjakan, selain sarana puskesmas, pemerintah daerah juga telah menyiapkan sarana alternatif lainnya.

“Apabila terjadi lonjakan kita menyiapkan Puskesmas Meral Barat sebagai untuk tempat Pasien Dalam Pemantauan (PDP) ada 6 kamar dan 1 olay bisa menampung 60, kemudian untuk pasien ODP kita siapkan di asrama haji, kita juga sedang penjajakan di klinik bersalin RAB mudah-mudahan dapat kita jadikan tempat penampungan sedang kita koordinasikan dan kita juga sedang mengusahakan di Hotel Pelangi apabila tempat-tempat yang kita siapakan tadi tidak tertampung,” ungkap Bupati Rafiq.

Bupati Rafiq juga mengatakan pemerintah saat ini telah melakukan beberapa laps. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 5 orang. 2 orang dinyatakan negatif, 1 postif dirumah sakit, 2 pasien lainnya sedang pengawasan di RSBT.

“Ada beberapa yang kita lakukan Laps, sebanyak 7 menunggu hasil, Orang Dalam Pemantauan (ODP) itu ada 5, dimana 2 orang dinyatakan negatif, 1 positf dirumah sakit, kemudian 2 pasien sedang pengawasan di RSBT,” ujarnya.

 

 

Editor: Codet Carladiva