Gegara Covid-19, Tahapan Pilkada Ditunda

Karimun, beritakarimun.com – Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang meluas dalam waktu yang singkat di Indonesia, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia harus menunda beberapa tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko kepada beritakarimun.com Senin (23/3/2020) sore.

“Iya kita sudah menerima surat edaran resmi dari KPU Pusat terkait penundaan tahapan Pilkada. Surat itu dikeluarkan pada 22 Maret 2020 (dini hari),” ujar Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Senin (23/3/2020) Sore.

Keputusan penundaan itu tertuang dalam surat edaran KPU Nomor 8/2020 tentang Pelaksanaan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Didalam surat edaran tersebut terdapat sejumlah tahapan Pilkada di Karimun yang terpaksa harus dilakukan penundaan, salah satunya tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang rencana tanggal 22 maret 2020, serta Verifikasi calon perorangan dan pemuktahiran data pemilih oleh PPDP yang rencananya bulan April

“Ada beberapa tahapan yang pelaksanaannya ada didepan mata yang terpaksa ditunda, mungkin yang untuk bulan April kalau cepat hilang coronanya ya dilaksanakan kalau gak di tunda karna udah dekat tahapannya,” jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan Pilkada sendiri, Eko mengatakan masih belum terjadi perubahan dan tetap digelar pada 23 September 2020 mendatang karena masih ada waktu 6 bulan ke depan untuk melakukan persiapan

“Kita berharap penyebaran Pandemik Covid- 19 ini segera berakhir agar situasi di Indonesia bisa kembali normal, sehingga tahapan Pilkada juga tidak akan terlalu berdampak,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva