Biaya Petugas dan Perawatan Pasien Covid-19 Ditanggung Pemerintah Daerah

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, secara resmi pada Kamis (19/3/2020) sore, mengumumkan Kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah ditemukan di Kabupaten Karimun. Tercatat, satu orang di Karimun telah positif terjangkit wabah yang menyebar dari negara China itu.

Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan wabah virus Covid-19, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan menjamin biaya perawatan di Rumah sakit bagi pasien Covid-19.

“Semuanya ditanggung, untuk biaya pengobatan di rumah sakit, untuk orang yang dalam pengawasan itu dirumah atau mandiri makan pun kita suplay,” kata Bupati karimun Aunur Rafiq kepada wartawan usai rapat bersama tim gugus tugas Penanganan Covid-19, di Ruang Rapat Cempaka Putih, Kantor Bupati Karimun, Senin (23/3/2020).

Tidak hanya bagi pasien, para petugas yang membantu juga diberikan insentif oleh pemerintah daerah.

“untuk petugas-petugas yang membantu ini kita berikan insentif untuk asupan mereka,” ujar Bupati rafiq.

Sementara untuk Alat Pelindung Diri (APD) yang saat ini dikabarkan sangat minim untuk para tenaga medis di Kabupaten Karimun, Bupati Rafiq mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan ke Gubernur Kepulauan Riau.

“Terkait minimnya alat pelindung diri, ini bukan hanya masalah provinsi saja, namun sudah menjadi masalah secara nasional, semua memang kekurangan, melalui rapat koordinasi sudah kami sampaikan bahwa APD yang sangat kami butuhkan,” Sambungnya.

Aunur Rafiq juga berharap pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat memperhatikan persoalan yang dihadapai Kabupaten Karimun.

“Makanya saya sangat berharap APD itu sangat dibutuhkan untuk Karimun ini, mudah-mudahan pemerintah pusat melalui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dapat memperhatikan khususnya daerah perbatasan yang dihadapi persoalan seperti ini”,” tutupnya.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva