Polres Karimun Gencar Lakukan Pencegahan Virus Corona

Karimun, beritakarimun.com – Jajaran Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan operasi Aman nusa II, seligi 2020, untuk menangani penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang saat ini sangat mengkhawatirkan masyarakat Indonesia khusunya di Kabupaten Karimun.

Melihat situsasi dan kondisi saat ini, Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto memerintahkan kepada jajarannya untuk segera melaksanakan penanganan dan himbauan kepada masyarakat terkait COVID-19.

“Kita sekarang sedang melaksanakan operasi Aman nusa II, dimana operasi ini adalah operasi terpusat penanganan tentang Copvid-19 seligi 2020. Operasi ini dimulai sejak 19 Maret 2020, target operasi sasaran orang atau kelompok orang khususnya dari warga negara asal China, Korea Selatan, Iran, Italy dan WNI yang baru pulang berpergian dari luar negeri,” kata Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, diruang kerjanya, Sabtu (22/3/2020) sore.

Kapolres Yos menjelaskan Kabupaten Karimun diketahui pulau yang berhadapan langsung dengan negara Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu, ia mempercepat gerakan pencegahan untuk memperkecil resiko dampaknya wabah Covid-19.

“Untuk diketahui Karimun adalah pintu masuk berhadapan langsung dari Malaysia dan singapura, disini kami menitik beratkan terhadap antisipasi kegiatan preventif pencegahan maupun sosialisasi yang kita laksanakan dengan cara masif dan gencar baik sebelum operasi aman nusa diperintahkan untuk berlaku kita sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan pencegahan seperti tempat pelayanan publik, umum dipelabuhan dilakukan pembersihan-pembersihan disana, mengemilinir, memperkecil resiko terdampaknya wabah Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolres Yos mengerahkan jajarannya untuk menyemprotkan disinfektan disejumlah sarana transportasi, tempat pelayanan umum dan juga tempat-tempat target sasaran lainnya.

“Sarana transfortasi kita jadikan sasaran juga kemudian tempat pelayanan umum, tempat tunggu,ruang tunggu juga kita menjadikan target, kemudian kegiatan yang kita lakukan saat ini, sosialaisai dan himbauan serta penyemprotan disinfektan ditempat saran transportasi umum dan lain-lain,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Kapolres Yos juga menerapkan pembatasan aktifitas sosial dan monitoring ketersediaan sembako di Kabupaten Karimun.

“Kita juga menerapkan pembatasan aktifitas sosial untuk memutus penyebaran corona virus, kita juga monitoring ketersediaan sembako dan bahan alat untuk pencegah virus kemudian evakuasi kemudian melakukan pengamanan penjagaan patroli tempat-tempat pergerakan akan terjadi kepanikan seperti kepanikan Panic Buying,” Sambungnya.

Yos juga menjelaskan sejak operasi Aman Nusa II dimulai, dia sudah mengerahkan jajarannya untuk bergabung langsung dengan jajaran TNI dan Pemda.

“Tugas pokok kita bergabung langsung dengan jajaran pemda dalam kegiatan gugus tugas percepatan penanganan virus corona-19, ecara serentak sudah memerintahkan sampai polsek jajaran untuk bersinergi dengan TNI, bersinergi dengan pemerintah setempat dalam hal ini pak Camat, Pak Lurah sampai tingkat RT/RW untuk bersama-sama melawan corona, untuk memutuskan mata rantai penyebaran corona virus,” jelasnya.

Dalam hal ini, Kapolres mengajak masyarakat bersama-sama pemerintah dan TNI-Polri untuk bahu-membahu melawan virus Corona.

“Dalam hal ini, Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, Polri tidak bisa jalan sendiri, TNI tidak bisa jalan sendiri, oleh karena itu mari kita sama-sama bahu-membahu bersama-sama lawan bencana virus corona. Dan jangan lupa selalu berdoa, terapkan pola hidup bersih dan mari kita jalankan sosial distance kedepan untuk memutuskan rantai virus Covid-19,” tutup Kapores Yos.

 

Editor: Redaksi