Satu Warga Karimun Positif Terjangkit Virus Corona

Karimun, beritakarimun.com – Salah seorang warga Pulau Karimun, Kabupaten Karimun Kepulauan Riau yang berumur sekitar 40 tahun ke atas dinyatakan positif terjangkit virus Corona.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, Rachmadi saat melakukan konferensi pers di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani, Kamis (19/3/2020) Sore.

“Di Kepulauan Riau yang positif terjangkit corona sudah bertambah menjadi tiga orang, satu orang di Tanjung Pinang, satu orang di Batam, dan satu orang di Karimun,” ungkap Rachmadi.

Kata Rachmadi, warga Karimun yang positif Corona memiliki riwayat perjalanan dari negara tetangga Malaysia.

“Yang positif berjenis kelamin laki-laki, usianya antara 40-50 tahun dan sudah berkeluarga, kondisinya saat ini sangat baik, riwayat perjalannya memang dia baru pulang dari Malaysia tanggal 9 maret 2020 lalu, dia kerja di Malaysia, tanggal 12 maret menunjukkan sakit, infonya batuknya sudah lama, pada waktu itu ada batuk darah jadi ke rumah sakit untuk periksa,” jelas Rachmadi.

Rachmadi mengatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti kasus tersebut, timnya langsung turun kelapangan untuk melakukan penelusuran sehingga bisa cepat melakukan tindakan.

“Langkah selanjutnya kami akan melakukan penelusuran kepada masyarakat yang pernah kontak erat dengan yang bersangkutan sehingga kami akan melakukan pemantauan supaya kalau ada gejala lebih cepat kita bisa lakukan tindakan, sejak pasien diisolasi 3 orang keluarga terdekat pasien sudah kita lakukan karantina. Dari jam 16.30 Wib tadi sudah ada anggota kami yang turun ke lapangan untuk menelusuri supaya mengurangi resiko penyebaran,” tutur Rachmadi.

Menurut penelusuran, kata Rachmadi pasien tersebut mengaku bahwa semenjak pulang ke Karimun tidak banyak keluar dari rumah.

“Informasi yang kami dapat yang bersangkutan tak banyak keluar rumah kecuali untuk sholat, untuk pihak keluarga yang sedang kita Karantina akan dilakukan pemeriksaan oleh PTKL, meski keluarga tidak menunjukkan gejala tetap kita awasi,” ujarya.

Sementara sebagai penanggung jawab penuh terhadap penanganan Covid-19 di RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun, dr. Dyah Nurwidiasih yang merupakan sebagai dokter spesialis paru mengatakan bahwa pasien tersebut juga memiliki penyakit lainnya.

“Saat ini pasien tersebut kondisinya secara keseluruhan stabil, kita doakan bersama semoga bisa dilewati dengan baik, penyakit penyertanya memang beliau memiliki penyakit TBC, memang itu merupakan penurunan daya tahan tubuh di mana memang mudah sekali sakit apapun mengenai pasien yang daya tahan tubuh menurun,” pungkas dr. Dyah.

Sementara untuk jumlah pasien yang telah diisolasi hari ini ada 3 orang pasien dalam pengawasan atau suspect corona, hasilnya baru 2 orang yang keluar, 1 dinyatakan negatif dan satu lagi dinyatakan positif, sementara satu lagi masih menunggu hasil pemeriksaannya.

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva