Ditkrimsus Polda Kepri Tangkap Penyebar Hoax di Facebook

Batam, beritakarimun.com – Tim Subdit-V Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) polda Kepulauan Riau (Kepri) mengamankan seorang pria berinisial H asal Cianjur yang melakukan penyebaran dengan membagikan berita hoax tentang isu virus corona di Provinsi Kepri melalui media sosial facebook.

Dirreskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Hanny Hidayat, mengatakan kronologisnya berawal dari postingan pelaku pada hari Minggu, 8 Maret 2020, dimana pelaku H membuat postingan diakun facebook miliknya dengan kalimat ‘ Nahkoda CMA CGM Virginia Terinfeksi Virus Corona Tanjung Priuk’ yang kemudian memposting kembali postingan tersebut ke akun grup bernama Info Loker Pelaut.

Mengetahui postingan tersebut adalah hoaks, pihak Ditkrimsus langsung membentuk tim guna melacak dan memburu pelaku.

“Pelaku H ditangkap dikediamannya di kampung Muhara RT 003/RW 003 kelurahan Sukakerta kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur,”ujar Kombes Hanny Hidayat.

Saat ditangkap pelaku sempat berkilah tidak mengaku atas postingannya di medsos,hingga akhirnya polisi menunjukan sejumlah bukti yang berisi hasil postingan dan lokasinya.

“Polisi berhasil mengamankan 1 unit ponsel, menemukan akun facebook atas nama H Pairin yang merupakan pelaku,selain itu menyita identitas berupa KTP dan Sim Card milik H,”ungkap Hanny.

Hanny juga menambahkan polisi juga langsung melakukan olah TKP dengan memeriksa pemilik akun FB,kemudian mengamankan ponsel yang digunakan pelaku untuk memposting di akun facebooknya.

Akibat perbuatannya, pelaku kini dijerat dengan pasal berlapis yaitu pasal 45A ayat 2 Undang-Undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik junto pasal 28 ayat 2 Pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik junto pasal 28 ayat 2 dengan ancaman minimal 5 tahun penjara.

 

Editor: Redaksi