TNI AL Gagalkan Perompakan Kapal MV.Sam Jaguar Asal Liberia

Karimun, beritakarimun.com – Kapal MV.Sam Jaguar, berbendera Liberia, jenis Bukerir nyaris jadi korban kawanan perompak di wilayah perairan pulau Nipah, pukul 05:20 Wib, Senin (16/3/2020).

Peristiwa terjadi dini hari, kawanan perompak yang berjumlah 5 orang beraksi menaiki kapal yang sedang melintas di wilayah antara Timur Pulau Karimun dan Barat pulau Nipah. Namun aksi kawanan perompak tersebut diketahui oleh awak kapal MV. Sam Jaguar.

Melihat adanya kawanan perompak, pihak MV. Sam Jaguar melaporkan kepada Otoritas Singapura dan disampaikan kepada Guskamla Koarmada I.

Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofyan (Codet Carladiva/berita karimun)

“Ada kapal MV. Sam Jaguar berbendera Liberia saat melintas di wilayah antara Timur Pulau Karimun dan Barat pulau Nipah pada posisi 01.08.558 U – 103.33.096 T, kemudian para pelaku berupaya untuk naik ke kapal. Tiga pelaku berada di kapal untuk mencuri, dua lainnya kabur, saat itu juga kita langsung kerahkan dua KRI yakni KRI Siwar-646 dan KRI Halasan-630 yang dibantu tim F1QR Lanal TBK dan Lanal Batam, kemudian ketika matahari terbit kita kerahkan helikopter BO 105 HE-4108 TNI AL agar bisa mengejar pelaku karena biasa modus pelaku ini menggunakan kapal mesin Hight Speed Craft (HSC),”ujar Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofyan.

Ketiga pelaku yang ditangkap diantaranya bernama,Juhdi,Wasna Blebes dan Caskadi yang merupakan warga negara Indonesia,sedangkan dua pelaku masih dalam pengejaran TNI AL.

“Berdasarkan pemeriksaan TNI AL diketahui ketiga pelaku atas nama,Wasna Blebes dan Caskadi pada tahun 2015 tercatat pernah melakukan perompakan terhadap kapal MV.Marlin dan dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun,”tutup Laksamana pertama Yayan Sofian.

 

 

Editor: Redaksi