Ribuan Mata Menyaksikan Pembukaan MTQ Kabupaten Karimun 2020

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke-XII tingkat Kabupaten Karimun di lapangan Perumahan Taman Imperium Jalan Poros, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (8/3/2020).

Event perlombaan Al-Qur’an yang dinanti-nanti oleh umat muslim di Kabupaten Karimun akhirnya tiba, perlombaan yang bertujuan untuk mencari bibit unggul Qori dan Qoriah terbaik tergelar dengan sangat meriah dan di sambut dengan antuasias ribuan masyarakat yang bersemangat menyaksikan.

Rombongan Bupati Karimun yang tiba di lokasi disambut meriah oleh Sanggar Seni Pusake Melayu dan grup kompang Serumpun Serai dari Kecamatan Meral.

Suasana jelang pembukaan MTQ yang ke-XII tingkat Kabupaten Karimun di lapangan Perumahan Taman Imperium Jalan Poros, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun (Nichita bella/berita karimun)

Dari pantauan beritakarimun.com, selain Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun Muhammad Firmansyah dan para Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karimun juga tampak hadir mantan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo di acara pembukaan MTQ Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq disungguhi daun sirih (Nichita bella/berita karimun)

Acara dilanjutkan dengan defile kafilah dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, yang diiringi oleh Marching Band Gema Karimun dari siswa-siswi tingkat SMP dan SMA Kabupaten Karimun yang membawakan musik Mars MTQ, Assalamualaika dan Rekayasa Cinta. Barisan diawali dengan barisan pembawa bendera merah putih oleh Paskibraka Kabupaten Karimun dari Siswa SMA Negeri 1 Karimun. Kemudian disusul dengan barisan pembawa bendera MTQ dari seluruh Kecamatan. Kemudian pasukan bunga manggar oleh siswa siswi SMP Negeri 2 Tebing.

Untuk barisan Kafilah yang diawali dengan Kafilah Kecamatan Karimun, Kafilah Kecamatan Tebing, Kafilah Kecamatan Buru, Kafilah Kecamatan Kundur Barat, Kafilah Kecamatan Belat, Kafilah Kecamatan Ungar, Kafilah Kecamatan Durai, Kafilah Kecamatan Kundur Utara, Kafilah Kecamatan Moro, Kafilah Kecamatan Kundur, Kafilah Kecamatan Meral Barat dan diakhiri dengan Khafilah tuan rumah yakni Kafilah Kecamatan Meral.

Usai defile kafilah, dilanjutkan dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara Adi Bastian dan Sinta Yurinda yang diiringi mewahnya pameran lampu lighting. Mengawali acara, para tamu undangan berdiri menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, lagu Mars Karimun dan Mars MTQ oleh paduan suara dari ibu-ibu BKMT Kecamatan Meral bersama Siswa Siswi SMP Negeri 2 Meral.

Kemudian mendengarkan merdunya lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Ustadz Haji Muhammad Abdul Wahid.

Pada MTQ tingkat Kabupaten Karimun ke-XII itu, para tamu undangan terlihat menghayati atas indahnya dzikir dan muhasabah yang dipandu oleh Ustadz Agus Sutisna bersama lima orang tim Majelis dzikir yang dilnjutkan dengan pembacaan doa oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karimun Jamzuri.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan Ketua Umum Panitia Pengarah MTQ Ke-XII tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2020 dalam hal ini dilaporkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah.

“MTQ ini dimaksudkan menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, sedangkan tujuannya adalah menyeleksi para khafilah terbaik di tingkat Kabupaten Karimun yang nantinya akan disertakan pada MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan diselenggarakan pada 11 April hingga 17 April 2020 di Kota Tanjungpinang. MTQ ini kita akan gelar selama 5 hari dari hari Minggu tanggal 8 Maret 2020 sampai hari Kamis tanggal 12 Maret 2020,” ungkap Muhammad Firmansyah.

Firmansyah juga menjelaskan, cabang Al-Qur’an yang akan dilombakan yakni cabang Tartil Al-Qur’an 24 peserta terdiri dari putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an 72 peserta terdiri dari 24 anak-anak putra dan putri, 24 remaja putra dan putri, dan 24 dewasa putra dan putri, fahmil Qur’an 66 peserta putra putri, syahril Qur’an 69 peserta putra dan putri, cabang seni kaligrafi Al-Qur’an 56 peserta yang terdiri dari afkah 18 peserta, hiasan 16 peserta, dekorasi 14 peserta, kontemporer 8 peserta, Cabang tahfiz Qur’an 84 peserta yang terdiri dari tahfiz 1 jus tilawah 23 peserta, tahfiz 5 juz tilawah 20 peserta, Tahfiz 10 juz 19 peserta, tahfiz 20 jus 13 peserta, Tahfiz 30 juz 9 peserta. Jumlah total keseluruhan sebanyak 371 peserta juga perlombaan pawai ta’aruf dan stand bazar.

” Tema yang kita ambil tahun ini yakni Dengan MTQ Kabupaten / Kecamatan kita wujudkan SDM yang unggul, professional, dan Qur’ani untuk mewujudkan Indonesia maju,” ujar Firmansyah.

Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera LPTQ oleh anggota Paskibraka yang diiringi lagu Mars MTQ. Kemudian dilanjutkan dengan penayangan perjalanan pembangunan Kabupaten Karimun berlandaskan iman dan taqwa.

Kemudian sambutan dan membuka secara resmi dari Plt. gubernur Kepri Isdianto namun diwakili oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq yang diawali dengan penyerahan piala bergilir dari juara umum tahun 2019 yakni Kecamatan Moro kepada Bupati Karimun dan Bupati Karimun menyerahkan piala tersebut kepada panitia pelaksana MTQ ke XII tingkat Kabupaten Karimun tahun 2020 yakni Kecamatan Meral.

“Lantunan kalam ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberikan kesejukan bathin bagi masyarakat, tak hanya sebagai peneguhan syi’ar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq.

MTQ yang ke-XII tingkat Kabupaten Karimun di lapangan Perumahan Taman Imperium Jalan Poros, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun (Nichita bella/berita karimun)

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rafiq berterimakasih dan selamat kepada seluruh pihak khususnya kepada Kecamatan Meral dan seluruh masyarakat Meral selaku tuan rumah atas terselenggaranya MTQ Ke-XII tingkat Kabupaten tahun 2020.

“Apa yang kita lakukan ini adalah sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan keagamaan yang telah menjadi agenda tetap program pemerintah Kabupaten Karimun. Untuk diketahui bersama, kafilah Kabupaten Karimun termasuk sebagai kafilah yang diperhitungkan dan berpotensi memiliki dominasi perolehan prestasi membanggakan terlebih sering menjadi juara umum di STQ maupun MTQ tingkat Provinsi Kepri, ” ujar Bupati Rafiq

Bupati Rafiq berharap kedepan kegiatan yang dilaksanakan itu semoga membawa suatu perubahan sikap dan perilaku masyarakat Karimun dalam rangka meningkatkan amal ibadah, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Ia mengatakan bahwa membangun Kabupaten Karimun hingga saat ini adalah kekuatan bersama, dari seluruh etnis dari seluruh umat beragama yang ada di Kabupaten Karimun.

“Dengan momentum ini kita jadikan sebagai mempererat rasa ukuwah kita, rasa persatuan kita, rasa persaudaraan kita. Kabupaten Karimun adalah Kabupaten yang majemuk terdiri dari berbagai suku, dari berbagai komponen umat beragama, mari kita jaga Kabupaten Karimun sebagai Kabupaten yang selalu dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan dan persaudaraan, hidup saling berdampingan, saling hormat menghormati antara satu dengan lainnya, baik sesama suku maupun sesama pemilik umat beragama, insyaallah kalau itu dilakukan semua dapat menjadi berkah bagi kita, dan kita dapat membangun Kabupaten Karimun semakin baik, tetapi apabila kita selalu berpecah belah niscaya akan melemahkan kita dalam proses pembangunan yang akan datang,” pungkasnya.

Usai kata sambutan, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang didampingi oleh Wakil Bupati Karimun Awar Hasyim, Sekda Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah, beserta forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Karimun membuka MTQ secara resmi dengan pemukulan beduk secara simbolis yang diakhiri dengan tarian kolosal yang dipersembahkan oleh sanggar Angsana Dance Kabupaten Karimun dengan tema Syariful Anam.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva