Renovasi Gereja Santo Joseph Karimun Dilanjutkan, Ini 6 Poin Kesepakatannya

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar rapat bersama lintas sektoral guna penyelesaian persoalan Gereja Paroki Santo Joseph, Kabupaten Karimun, di ruang rapat Gedung Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, pukul 14:00 wib, Selasa (10/3/2020).

Dalam agenda rapat lintas sektoral yang dihadiri selain Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq, Ketua DPRD Kabupaten Karimun M Yusuf Sirat, Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Danlanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono, M.Tr Hanla, M.M, Dandim (mewakili) LTD Inf Kamdi, Kajari Karimun Rahmat Azhar, SH, MH, Kepala Kemenag Karimun Drs H Jamzuri, Perwakilan APKK Hasyim Tugiran, Sekretaris Umum FUIB Ust Hasbullah, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten karimun H Abu Samah dan Perwakilan Keuskupan Pangkal Pinang Chrisanctus Paschalis Saturnus.

Dihadapan Bupati karimun, peserta rapat lintas Sektoral bersama-sama sepakat renovasi Gereja Paroki Santo Joseph dilanjutkan.

Tidak hanya itu, peserta rapat lintas sektoral juga menyepakati APKK untuk mencabut perkara gugatan Nomor 33/G/2019/PTUN.TPI.

Namun pencabutan gugatan baru akan dilakukan setelah pihak gereja Santo Joseph Karimun menyerahkan gambar rencana renovasi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun dan dibahas dalam rapat teknis bersama APKK dan FUIB Karimun.

Rapat yang berlangsung selama tiga jam yang dipimpin langsung Bupati Karimun, Aunur Rafiq, melakukan kesepakatan dengan ditandai serta penandatangan 6 poin oleh perwakilan lintas sektoral Karimun.

Berikut hasil Kesepakatan Bersama yang ditandatangani oleh Perwakilan APKK Hasyim Tugiran, Sekretaris Umum FUIB Ust. Hasbullah, Lc. MH, Perwakilan Keuskupan Pangkal Pinang Chrisanctus Paschalis Saturnus.

Kesepakatan Bersama Penyelesaian Pembangunan Gereja Katolik Paroki Santo Joseph (berita karimun)

Pada hari ini Selasa, Tanggal 10 Maret 2020 kami yang bertanda tangan dibawah ini, telah menyepakati bersama terkait tindak lanjut Penyelesaian Pembangunan Gereja Katolik Paroki Santo Joseph sebagai berikut :

1. Bahwa akan dilakukan Renovasi Gereja di tempat yang lama dan tidak akan dilakukan Relokasi Gereja.

2. Bahwa Renovasi Gereja dilakukan sesuai dengan Pengajuan Revisi IMB yang lama beserta gambar yang dibahas dalam rapat tindak lanjut Pembangunan Gereja.

3. Jika gambar dari pihak Gereja sudah diserahkan kepada Pemerintah Daerah, akan diadakan Pertemuan Rapat Teknis dengan Pihak APKK, FUIB dan Plhak Gereja.

4. Setelah kesepakatan bersama ini ditanda tangani masing-masing pihak, selanjutnya pihak APKK akan mencabut gugatan perkara Nomor 33/G/2019/PTUN.TPI di Pengadilan TUN Tanjung Pinang.

5. Setelah Rapat Teknis dilakukan dan IMB hasil Revisi diterbitkan akan dilakukan Peletakan Batu Pertama sebagai simbol rasa toleransi masyarakat Kabupaten Karimun terhadap kerukunan umat beragama.

6. Masing-masing pihak harus menghormati kesepakatan yang telah dibuat dan ditanda tangani bersama, disosialisasikan ke masyarakat tentang hasil rapat kesepakatan bersama tindak lanjut pembangunan gereja yang dilakukan pada hari ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Kapolres dan Danlanal Karimun mengapresiasi semua pihak atas lahirnya kesepakatan bersama tersebut.

 

Bupati Rafiq juga berpesan agar tidak ada lagi yang menyebutkan masyarakat Kabupaten Karimun intoleran.

“Tidak boleh ada lagi tudingan-tudingan bahwa Karimun ini intoleran, itu tidak benar. Hal itu dapat kita buktikan dengan lahirnya kesepakatan bersama. Renovasi gereja Santo Joseph dapat dilanjutkan,” ujar Bupati Rafiq.

Sementara itu, Perwakilan Keuskupan Pangkal Pinang Chrisanctus Paschalis Saturnus atau yang akrab disapa Romo Paschal mengapresiasi terhadap Uskup Pangkal Pinang.

“Terima kasih kepada Uskup Pangkal Pinang yang telah membuka jalan lahirnya pertemuan dan silaturahmi ini,” ujar Romo Pascal.

Untuk merajut kembali hubungan baik umat beragama di Kabupaten Karimun, peserta rapat lintas sektoral akan menggelar bakti sosial gotong-royong di area gereja Santo Joseph Karimun, pada hari Sabtu 14 Maret 2020.

Editor: Redaksi