Soal Bayar Pajak, Animo Warga Karimun Mulai Performa Bagus

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun agar dapat membayar pajak serta melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) bagi Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Balai Karimun sebelum tanggal 31 Maret 2020.

Hal tersebut dikatakannya usai melaporkan SPT serta membayar pajak secara online di Gedung Nasional kepada KPP Pratama Tanjung Balai Karimun, Jum’at (6/3/2020) pagi.

“Mari para wajib pajak untuk taat mengisi SPT tahunannya dan melaporkan tepat pada waktunya,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Kata Bupati Rafiq, jika para wajib pajak di Kabupaten Karimun taat membayar pajak, maka akan memiliki pengaruh yang besar untuk pembangunan Kabupaten Karimun.

“Dengan taat membayar pajak tentunya memberikan pemasukan kepada negara, dengan negara yang mendapatkan pemasukan akan dikirim kembali kepada daerah dalam bentuk dana transfer pusat ke daerah, yang tentunya sudah diatur berdasarkan undang-undang nya,” ujarnya.

Menurutnya, semakin besar pendapatan pajak di Kabupaten Karimun, maka nantinya akan besar pula bentuk pembangunan yang akan diciptakan.

“Jika pajak yang dibayarkan oleh Wajib pajak di Kabupaten Karimun yang disetor ke pusat semakin banyak, tentu nantinya akan semakin besar pula kembali ke daerah, dengan kembalinya semakin besar kita dapat melakukan proses pembangunan- pembangunan berdasarkan dana transfer yang diberikan pemerintah pusat salah satunya melalui sumber pendapatan pajak yang ada di daerah kita ini,” jelasnya.

Melihat animo para wajib pajak yang saat ini terbilang taat di Kabupaten Karimun atas upaya para petugas KKP Pratama, Bupati Karimun mengaku sangat bersyukur

“Kita sangat bersyukur bahwa Kabupaten Karimun wajib pajaknya sekarang sudah banyak yang baik dan taat, dan petugas pajak pun cukup energik dan selalu turun ke lapangan, sampai hari ini tidak ada lagi wajib pajak yang menghindar dan takut, bahkan dengan didatangi dan di bantu oleh petugas mereka sangat senang, sehingga untuk pengisian SPT dengan sistem elektronik ini mereka sangat terbantu,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan suksesnya pencapaian target pajak di Kabupaten Karimun nantinya dapat mensukseskan pembangunan di Kabupaten Karimun.

“Jadi, jika sukses capaian pajak kita tahun ini, maka akan sukses pula bagi masyarakat kita dan tentunya sukses bagi pembangunan Kabupaten Karimun ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Tanjung Balai Karimun, Nur Wahyudi mengatakan bahwa hingga bulan Februari 2020 awal tahun ini, animo para wajib pajak cukup menunjukkan performa yang bagus. Ia berharap agar tahun 2020 pencapaian target di Karimun dapat tercapai.

“Tahun ini (2020) dua bulan pertama dari Januari dan February menunjukkan performa yang bagus, untuk pertumbuhan kita sudah 15 persen, sementara untuk pencapaian dari target sudah 13 persen artinya sudah lumayan, biasanya nanti akan meningkat lagi apda bulan April, semoga tahun ini kita bisa mencapai target sebesar Rp 334 Miliar,” ungkap Nur Wahyudi.

Nur Wahyudi mengatakan, hingga saat ini para wajib pajak yang ada di Kabupaten Karimun berjumlah 34.000 orang WP.

“Total wajib pajak di Kabupaten Karimun itu sudah mencapai 34.000 orang wajib pajak. Berfariasi, ada yang karyawan, ada orang pribadi, ada orang pribadi yang berusaha, ada yang koperasi. Untuk WP di Karimun Alhamdulillah aman-aman saja, kalau terlambat bayar itu biasa, kan ada sanksinya, sanksi dendanya juga akan dibayarkan pastinya,” tutupnya.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva