Pemuda Urung Kundur Utara Sulap Limbah Plastik Jadi Karya Seni Bernilai

Karimun, beritakarimun.com – Bermula dari membuatkan kerajinan anak sekolah, seorang pemuda asal kelurahan Urung, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Edi Kurniawan (33th) kini menekuni usaha kerajinan miniatur.

“Awalnya dari anak-anak sekolah, mereka meminta bantuan saya untuk mengerjakan kerajian tangan buat sekolahnya, setelah kerajinan anak sekolah itu siap teman saya melihat dan mendorong saya untuk membuat miniatur dan buat dipasarkan,” ujar Edi Kurniawan, saat ditemui beritakarimun.com, di kediamannya.

Ketelitian terus menerus dalam mengerjakan kerajinan miniatur membuahkan hasil. Miniatur buatan Edi Kurniawan saat ini sudah sampai di Jawa Timur, Bandung, Padang, Batam, Natuna, Malaysia dan Singapura.

“Alhamdullillah, udah sampai di Malaysia, singapura, Jawa Timur, Bandung, Padang dan ini mau ke Natuna,” jelasnya.

Selama sekitar 1 tahun dua bulan menekuni usaha tersebut, Anak dari pasangan Rochidin dan Satimah ini telah membuat ratusan miniatur bermacam jenis, seperti motor, mobil,kapal dan rumah.

“Alhamdullilah dalam setahun ini sudah 400 piece kami jual, miniatur bisa dibuat sesuai selera pemesan dengan cara bisa memberikan contoh atau gambarnya aja, inshaallah kami buatkan,” kata Edi.

Mantan tenaga honorer di Puskesmas Tanjung Batu Kundur ini biasanya memproduksi miniaturnya dikediamannya di kampung Balak, kelurahan Urung, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten karimun, Kepri.

Kediaman Edi Kurniawan di Kampung Balak, kelurahan Urung, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun (Codet Carladiva/berita karimun)

Pria yang memiliki saudara kembar ini menceritakan, untuk membuat kerajinan miniatur ia mengunakan bahan baku plastik, skoci benang, selang plastik, sedotan minuman, kaleng minuman, cat kaleng.

Miniatur yang telah jadi biasanya dibandrol dengan harga 180ribu hingga 500 Ribu Rupiah.

Edy juga mengatakn untuk memesan kerajinan miniatur buatannya bisa di pesan melalui media sosial miliknya.

“Saat ini kami menjual miniatur melalui media sosial facebook dan Instagram atau bisa hubungi kami di 0821-72320000,” tutup Edi.

 

Editor : Redaksi