Irjen Pol Andap Budhi Lantik 165 Lulusan Bintara SPN Polda Kepri

Kundur, beritakarimun.com – Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Andap Budhi Revianto melantik 165 Bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Kepolisian Daerah (Polda) Kepri, di Jalan Diponegoro, Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Senin (02/03/2020).

Pantauan beritakarimun.com, Kapolda Kepri tiba di SPN Polda Kepri tepat pukul 08.40 Wib, Kapolda langsung dikalungi bunga dan disambut dengan tari persembahan sekapur sirih, kemudian Kapolda menyalami 8 pasukan jajar hormat dari SPN Polda Kepri.

Ada yang terlihat luar biasa dari Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau itu, langkahnya terlihat berbeda dengan Pemimpin-pemimpin lainnya, pasalnya dia tidak langsung menuju kursi undangan VIP yang telah disediakan oleh pihak panitia SPN Polda Kepri, ia malah menghampiri para orang tua dari Bintara Polri yang sangat bersemangat dalam menghadiri pelantikan anaknya sebagai Bintara Polri.

Tak hanya satu dua atau tiga orang yang disalaminya, langkahnya membawa ia yang didampingi oleh Kepala SPN Polda Kepri dan Kapolres Karimun untuk menyalami satu persatu orang tua murid yang sangat berjasa dalam suatu kesuksesan dari seorang anak. Tak sedikit yang hadir, bahkan 6 buah tenda tamu undangan terlihat padat dipenuhi oleh para orang tua serta keluarga dari Bintara Polri yang baru dilantik.

Ruslan, Ayah dari Reza Efendi Ruslan yang merupakan Bintara yang dilantik oleh Kapolda Kepri merasa sangat kagum dengan sikap gaya kepemimpinan Andap.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang didampingi Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto mendatangi sekaligus menyalami para orang tua dari Bintara Polri (Nichita bella/berita karimun)

“Saya sangat apresiasi terhadap pak Kapolda Kepri yang sangat ramah, baru kali ini sih saya melihat seorang Kapolda menyalami tamu undangan dari ujung ke ujung, beda sama yang lain, saya sangat apresiasi, acung dua jempol, beliau memberikan apresiasi secara langsung ke kami, salut salut,” ungkap Ruslan.

Kehadiran Kapolda Kepri adalah untuk menjadi inspektur dalam Upacara Penutupan, pelantikan dan pengambilan sumpah pendidikan pembentukan (Diktuk) Bintara Polri tahun angkatan 2019-2020 SPN Polda Kepri sebanyak 165 Bintara laki-laki, sedangkan 9 polwan yang lulus dari Kepri dilantik langsung di Sepowan Polri Jakarta. Sehingga yang lulus sebagai Bintara dari Kepri sebanyak 174 orang.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Kepri yang didampingi oleh Komandan Upacara AKBP Burhanuddin.

Dilanjutkan dengan pernyataan penutupan pendidikan oleh inspektur upacara serta penanggalan tanda siswa, penyematan tanda pangkat, pemberian ijazah, dan penghargaan oleh Kapolda Kepri kepada perwakilan Bintara yang diawali dengan pembacaan surat keputusan Kepala Kopolisian Negara Republik Indonesia dan Surat Keputusan Kepala SPN Polda Kepri.

Kemudian pengambilan sumpah atau janji anggota Polri yang disaksikan oleh rohanian dari agama Islam serta agama Kristen Katolik dan protestan yang dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh Bintara yang telah di lantik. Usai pengambilan sumpah dilakukan penandatanganan naskah berita acara sumpah oleh dua orang perwakilan Bintara Polri dan Kapolda Kepri. Tak lupa pengucapan Tri Brata dan Catur Prasetya oleh Perwakilan Bintara yang diikuti oleh seluruh Bintara yang baru di lantik.

Dalam Amanatnya, Kapolda Kepri, Andap Budhi Revianto membacakan amanat dari Kapolri untuk para Bintara yang ada di seluruh Indonesia.

“Sebagai Bintara remaja yang merupakan salah satu elemen terdepan dalam berbagai tugas kepolisian harus mampu menunjukkan kinerja secara optimal, mempersiapkan diri dengan baik, menanamkan disiplin dan tekat yang kuat,serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dilembaga pendidikan demi keberhasilan pelaksanaan tugas sebagai bekal nantinya,” kata Andap saat membacakan amanat dari Kapolri.

Sebagai bekal dalam melaksanakan tugas pengabdian untuk para Bintara Polri yang baru dilantik, Kapolda Kepri menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan dari Kapolri;

1. Setiap pelaksanaan tugas yang dilakukan sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Laksanakan tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab dan keikhlasan serta senantiasa mempedomani nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya

3. Jangan pernah berhenti belajar, dan menuntut ilmu untuk meningkatkan pengetahuan wawasan dan keterampilan guna mendukung pelaksanaan tugas

4. Senantiasa menjaga kehormatan diri, keluarga dan institusi, hindari segala pelanggaran disiplin, kode etik profesi polri maupun pidana

5. Jalin persaudaraan dan komunikasi yang baik dengan rekan-rekan TNI, dan instansi terkait serta komponen lainnya karena polri tidak dapat bekerja sendiri

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva