Rutan Karimun Tingkatkan Pelayanan Bagi Warga Binaan Lanjut Usia

Karimun, beritakarimun.com – Memantapkan program zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang telah dicanangkan dan disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Agus Wijaya pada 17 Febuari 2020 lalu, membuat Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjung Balai Karimun langsung berbenah.

Gebrakan awal dari pencanangan tersebut yakni peningkatan pelayanan terhadap warga binaan atau narapidana lanjut usia yang ada di Rumah Tahanan Kelas II B Tanjung Balai Karimun atau yang disebut dengan Rutan Karimun Bumi Berazam (Rukazam). Selain itu juga meningkatkan fasilitas terhadap masyarakat yang ingin melakukan kunjungan terhadap warga binaan yang ada di Rutan Karimun seperti penambahan fasilitas ruang tunggu. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Rukazam, Dody Naksabani kepada beritakarimun.com Kamis (27/2/2020).

Hal ini tidak jauh dari peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 32 tahun 2018 tentang perlakuan terhadap tahanan maupun narapidana lanjut usia yang berlaku untuk nara pidana yang berumur minimal 60 tahun.

” Sebelumnya di Rutan Karimun Bumi Berazam sudah ada pelayanan untuk warga binaan Lanjut usia, namun saat ini kita berbenah diri dengan berupaya mempertahankan serta semakin meningkatkan pelayanannya, Kita akan mempertahankan pelayanan bagi warga binaan lanjut usia, kamar untuk lansia saja hingga saat ini masih terpisah dari tahanan yang lain, untuk WC kita sudah menggunakan WC duduk khusus untuk lansia yang saat ini berjumlah 9 orang, bahkan akan kita lakukan penambahan serta menata lebih rapi kamar warga binaan lansia kita. Selain mempertahankan tentunya kita juga akan berupaya melakukan peningkatan,” ujar Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Tanjung Balai Karimun, Dody Naksabani.

Pihak Rutan juga mengatakan, disamping sarana yang memadai, upaya pembinaan juga dilakukan agar para warga binaan yang berada di Rukazam bisa memiliki berbagai keterampilan.

“Kita akan terus bina mereka untuk bisa membuat batako dan menanam tanaman kangkung, hasilnya nanti kita bisa menjual keluar,” ujarnya.

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva