Pawai Ta’aruf Kecamatan Karimun Terselenggara Dengan Meriah

Karimun, beritakarimun.com – Ribuan masyarakat Kecamatan Karimun berjajar rapi mengikuti pawai ta’aruf pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XII tingkat Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun Kepulauan Riau (Kepri), Jum’at (14/2/2020). pawai ta’aruf yang dimulai dari Tugu MTQ Coastal Area menuju panggung Astaka di depan lapangan panggung Puteri Kemuning Coastal Area.

Pantauan beritakarimun.com, pawai yang bertujuan menyemarakkan perlombaan Al-Qur’an tersebut tidak hanya diikuti oleh umat beragama Islam saja, namun diikuti berbagai lapisan masyarakat, suku, serta agama lainnya, sehingga mencerminkan bahwa Karimun merupakan negeri bumi berazam yang selalu bertoleransi.

Lebih dari 1.500 peserta dari 6 Kelurahan dan 3 Desa yang ikut memeriahkan pawai ta’aruf itu, yakni Kelurahan Teluk Air, Kelurahan Tanjung Balai, Kelurahan Tanjung Balai Kota, Kelurahan Lubuk semut, Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kelurahan Sungai Lakam Timur, Desa Tulang, Desa Selat Mendaun, dan Desa Parit .

Para peserta pawai terlihat menampilkan berbagai seni seperti seni tari zapin kreasi, seni reog, seni drum band, seni kompang, seni silat, bahkan ada seni barongsai dari masyarakat suku Tionghoa yang beragama budha turut ikut serta dalam menyemarakkan pawai tersebut.

Pawai Ta’aruf Kecamatan Karimun tahun 2020 (Nichita Bella /berita karimun)

“Antusias masyarakat luar biasa sekali, ini mudah-mudahan sebagai motivasi, yang ikut tidak hanya umat muslim saja, umat beragama lain juga ada, berbagai suku juga berbaur memeriahkan pawai ta’aruf tingkat Kecamatan Karimun yang digelar setiap tahun sejak dulu,” ungkap Camat Karimun Agung Jati Kusuma kepada beritakarimun.com, Jum’at (14/2/2020).

Menurut Agung, dengan ikut sertanya berbagai lapisan masyarakat, suku dan agama pada rangkaian acara MTQ tersebut, dapat membuktikan bahwa Kabupaten Karimun Kepri merupakan wilayah yang memiliki masyarakat yang harmonis, bertoleransi, bertenggang rasa serta saling menghargai satu sama lain.

“Ini mencerminkan bahwa Karimun merupakan daerah yang sangat harmonis, tidak sama seperti apa yang difikir oleh masyarakat yang berada diluar Karimun yang saat ini menganggap Karimun memiliki masyarakat yang intoleran,” ujar Agung.

Camat Agung berharap, dengan tergelarnya pawai ta’aruf yang sangat meriah tersebut, dapat terus mempererat tali silaturahmi serta terus mempertahankan kerukunan sehingga Kabupaten Karimun tetap dalam keadaan kondusif.

“Semoga acara ini dapat menjadi ajang mempererat tali silaturahmi serta menjalin kerukunan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Karimun khusus nya Kecamatan Karimun,” tuturnya.

Agung mengimbau untuk seluruh masyarakat Kabupaten Karimun khususnya masyarakat Kecamatan Karimun untuk bersama-sama hadir empat malam berturut-turut dalam memeriahkan serta memberi semangat kepada para qori dan qoriah yang akan bertanding memperebutkan tiket menuju MTQ tingkat Kabupaten Karimun.

“Hari ini kita awali rangkaian MTQ dengan pelantikan 14 orang Dewan Hakim, kemudian dilanjutkan dengan pawai ta’aruf dan peresmian stand bazar, dengan demikian Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karimun untuk dapat hadir memeriahkan perlombaan MTQ ke XII tingkat Kecamatan Karimun pada malam pembukaan hari Sabtu tanggal 15 Februari 2020 sampai dengan malam penutupan hari Selasa tanggal 18 Februari 2020,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, para peserta pawai dilepas oleh Camat Karimun Agung Jati Kusuma yang didampingi oleh Kapolsek Tanjung Balai Karimun AKP Budi Hartono, Sekcam Karimun Efrian Santana, serta KUA Kecamatan Balai Muklis.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva