Wakil Bupati Karimun Buka MTQ Tingkat Kecamatan Tebing

Karimun, beritakarimun.com – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an yang ke-XII tingkat Kecamatan Tebing di lapangan Perumahan Balai Garden RT 02 RW 4 Kelurahan Kapling Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Selasa (11/2/2020) Malam.

Hari yang dinanti-nanti oleh masyarakat Kecamatan Tebing akhirnya tiba, perlombaan yang bertujuan untuk mencari bibit unggul Qori dan Qoriah terbaik tergelar dengan sangat meriah.

Rombongan Wakil Bupati Karimun disambut dengan tabuhan kompang yang dimainkan oleh siswa SMP Negeri 3 Kecamatan Tebing,

Wakil Bupati Karimun bersama rombongan langsung berkunjung ke stand bazar yang disediakan oleh setiap Kelurahan dan Desa yang ada di wilayah Kecamatan Tebing untuk memeriahkan perlombaan yang penuh makna bagi masyarakat Muslim.

Selesai kunjungan stand bazar, Wakil Bupati Karimun bersama rombongan disuguhkan seni pencak silat yang dipersembahkan oleh masyarakat Perumahan Balai Garden Kelurahan Kapling, kemudian dilanjutkan dengan persembahan Nasyid dari TPQ An-Nabawi dengan judul nasyid ‘Aku ingin jadi hafiz Qur’an’ dibawah asuhan Ustadz Jamaludin dan tari sekapur sirih yang dibawakan oleh siswa-siswi dari sanggar Sri Pamak SMP Negeri 3 Tebing.

Sekretaris Camat (Sekcam) Ahmad menjelaskan, cabang Al-Qur’an yang akan dilombakan yakni cabang Tartil Al-Qur’an putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an anak-anak putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an remaja putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an dewasa putra dan putri serta perlombaan pawai ta’aruf dan stand bazar.

“Sementara untuk jumlah peserta MTQ kali ini berjumlah 49 peserta, terdiri dari Kelurahan Tebing 8 peserta, Kelurahan Kapling 8 peserta, Kelurahan Harjosari 8 peserta, Kelurahan Tekuk Uma 8 peserta, Kelurahan Pamak 8 peserta, Desa Pongkar 8 peserta serta utusan LPTQ Kecamatan Tebing 1 peserta,” jelas Ahmad.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Tebing yang diawali dengan penyerahan piala bergilir dari juara umum tahun 2019 yakni Lurah Pamak kepada Camat Tebing dan diserahkan kepada panitia pelaksana MTQ ke XII tingkat Kecamatan Tebing tahun 2020.

“Al-Qur’an merupakan kitab suci yang memiliki inspirasi serta motivasi sehingga masyarakat bisa memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi Robbani dan Qur’ani yang handal dan berakhlakul Karimah, kita berharap dengan ajang MTQ ini dapat menjadi semangat masyarakat mendalami Al-Qur’an,” ungkap Abdul Gafar.

Camat Gafar juga berterima kasih terhadap seluruh masyarakat Kecamatan Tebing serta seluruh panitia yang sudah memeriahkan acara MTQ ke-XII tingkat Kecamatan Tebing tahun 2020.

Melihat kemeriahan MTQ ke-XII tingkat Kecamatan Tebing tahun 2020, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim berterimakasih kepada pihak Kecamatan Tebing yang telah bersusah payah melaksanakan MTQ.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Karimun, kami ucapkan apresiasi, penghargaan dan terimakasih kepada pemerintah Kecamatan Tebing, seluruh panitia dan masyarakat Kecamatan Tebing, meski keadaan ekonomi sedang sulit, namun tetap bisa melaksanakan MTQ sesuai dengan jadwal yang diberikan dengan sangat baik,” ungkap Anwar Hasyim.

Anwar berharap, para qori dan qori’ah dapat meningkatkan kualitas yang tinggi dalam perlombaan MTQ tahun ini, sehingga dapat meraih kesuksesan.

“Kami mohon do’a dari seluruh masyarakat agar kafilah kita tetap berikan kualitas bacaan yang terbaik ,
sehingga Kabupaten Karimun kembali meraih prestasi yang terbaik dalam meraih juara umum MTQ tingkat Provinsi nantinya, kita juga berharap seluruh masyarakat dapat mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi terarah dan menjadi benteng dalam kehidupan,” ujarnya.

Usai kata sambutan, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang didampingi oleh Camat Tebing, Ketua Panitia Pelaksana, serta perwakilan FKPD membuka MTQ secara resmi dengan pemukulan beduk secara simbolis yang diiringi dengan tabuhan kompang.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva