Anwar Hasyim Puji Remaja di Karimun Berlomba-lomba Baca Al-Qur’an

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karimun apresiasi terhadap para remaja yang berada di tanah Bumi Berazam saat ini.  Menurutnya tidak sedikit terlihat kaum remaja berlomba-lomba membaca Al-quran. Hal tersebut dibuktikan dalam sejumlah perlombaan MTQ tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

“Kita sangat bangga terhadap remaja kita yang masih sangat antusias berlomba-lomba dalam membaca lantunan ayat suci Al-Qur’an, ini sebaiknya dijadikan contoh oleh seluruh remaja yang ada di Kabupaten Karimun,” ungkap Wabup Anwar Hasyim usai menyerahkan piala kepada para juara Qori dan Qoriah di MTQ Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun, Sabtu (8/2/2020) lalu.

Kata Anwar, generasi muda sangat perlu dibekali oleh ilmu pengetahuan tentang Al-Qur’an, sehingga dapat menghindari kehancuran seperti halnya yang sering terjadi terhadap anak-anak remaja di bawah umur yang kurang mengerti dari apa yang dilarang. Bahkan sangat disayangkan sering terjadinya pengungkapan kasus di Kepolisian terhadap anak remaja di bawah umur yang masih duduk di bangku SMP dan SMA.

“Memang harapan kita ke depan generasi muda kita selain harus dibekali oleh ilmu teknologi yang saat ini semakin canggih, namun juga sangat perlu memiliki ilmu pengetahuan tentang Al-Qur’an sehingga bisa bersanding antara IPTEK dan IMTAQ, generasi muda harus miliki itu sebagai benteng diri demi menangkis hal negatif,” ujar Anwar.

Dengan adanya kegiatan MTQ merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan Karimun beriman dan bertaqwa sesuai dengan sebutannya yakni Karimun negeri bumi berazam.

“Kita bangga, di setiap Kecamatan kita rata-rata semuanya tidak sulit untuk mencari Qori dan Qoriah tingkat remaja, jadi sudah nampak azam iman dan taqwa itu muncul di tengah masyarakat bumi berazam terutama ditengah generasi muda,” jelasnya.

Salah seorang remaja yang berkesempatan memegang juara 1 pembaca terbaik putra pada perlombaan MTQ tingkat Kecamatan Meral Barat, Muhammad As Ari yang berasal dari Desa Pangke mengaku bahagia bisa meraih juara 1 tingkat remaja yang menurutnya memiliki saingan yang sangat berat .

“Saingan di sini sangat berat, saya juga tak menyangka bisa dapat juara 1, akhirnya apa yang terus saya pelajari tak sia-sia, Alhamdulillah dengan ilmu Al-Qur’an saya bisa tetap sehat dan semoga nantinya bisa bawa orang tua ke Surga, untuk tingkat Kabupaten nantinya saya akan terus berlatih sehingga bisa menghadapi persaingan yang sangat berat,” pungkas Muhammad As Ari yang merupakan salah seorang siswa dari MAN Karimun yang duduk di bangku kelas XI Mia 2.

Sementara Pembaca terbaik 2 tingkat remaja putri, Restika Aulia perwakilan Kelurahan Darussalam yang duduk di bangku kelas IX.2 SMP Negeri 2 Tebing Binaan Karimun itu mengaku bahwa ilmu Al-Qur’an itu sangat asyik.

“Kemarin pernah vakum belajar Al-Qur’an, tapi ada semangat dari orang tua, sehingga terus belajar mendalaminya, bagi remaja memang sulit belajar Al-Qur’an, terlebih banyak pengaruh buruk yang suka menghasut para remaja, tapi kalau didalami ilmu Al-Qur’an enak dan asyik, kita bisa tahu rahasia-rahasia Allah dari Al-Qur’an itu sendiri,” jelas Restika.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva