Polsek Meral Blusukan ke Sekolah Ajak Siswa Perangi Hoax dan Narkoba

Karimun, beritakarimun.com – Kapolsek Meral Polres Karimun, AKP Doddy Santosa Putra didampingi Kanit binmas Polsek Meral, Aipda Agus memberikan pemahaman tentang bahaya penyebaran berita hoax serta pemahaman tentang penyalahgunaan narkoba di Mushola SMA Negeri 3 Karimun, Kelurahan Parit Benut, Kecamatan Meral.

” Kita mensosialisasikan dua prihal, yang pertama pemahaman tentang bahayanya penyebaran berita hoax, yang kedua tak bosan-bosannya kita terangkan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada para siswa,” kata Kapolsek Doddy kepada beritakarimun.com, Jum’at (7/2/2020) Siang.

Menurut Doddy, para remaja sangat rentan terhadap dampak negatif media sosial, sehingga jika tidak dibekali dikhawatirkan dapat terjerat ke ranah hukum.

“Umur remaja sangat rentan terhadap dampak negatif salah satunya pengaruh buruk media sosial, jadi kalau mereka dapat berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya atau berita yang sifatnya memprovokasi terkadang langsung di share ke keluarga atau temen-temennya,” jelasnya.

Doddy berharap dengan upaya kegiatan ini dapat mencegah berkembangnya berita hoax di wilayahnya.

“Kita berharap dengan demikian dapat mencegah berkembangnya berita hoax di wilayah khususnya Meral dan kabupaten Karimun pada umumnya, hingga dapat memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” terangnya.

Dia juga menjelaskan akibat menyebarkan berita Hoax dapat terancam hukuman penjara, karena dapat terancam UU ITE, UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

“Kami mengimbau kepada masyarakat harus bijak dan cerdas menggunakan medsos, terkait dengan berita yang belum bisa diketahui kebenarannya wajib melakukan identifikasi dulu apakah berita tersebut benar atau tidak, jangan langsung di share atau dibagikan ke orang lain kalau tidak mau tersandung masalah hukum,” ungkapnya.

Sementara untuk penyalahan narkoba, Doddy menghimbau kepada masyarakat agar jangan pernah mengunakan narkoba.

“Kami juga mengimbau agar dapat hindari penyalahgunaan narkoba karena dapat merugikan diri sendiri keluarga dan masyarakat, jangan mencoba menggunakan, karna sekali saja mencoba maka tidak akan bisa berhenti menggunakannya,” tutupnya.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva