Kadinkes Karimun: Pasien Hanya Batuk Biasa Bukan Corona Virus

Karimun, beritakarimun.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) dikabarkan telah merawat seorang pasien dengan ciri-ciri mirip suspect Corona. Berita mengkhawatirkan tersebut diketahui menyebar melalui pesan berantai WhatsApp sejak Kamis (30/1/2020) malam.

Pasien tersebut diketahui baru saja kembali dari Negara Malaysia dan Singapura sejak Jum’at 24 Januari 2020 dan pulang pada Minggu 26 Januari 2020 melalui Batam. Pasien diketahui sempat mengunjungi Genting Highland.

Pasien tersebut mulai demam dan batuk Senin (27/1/2020) setelah pulang dari Malaysia dan Singapura.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi ketika dikonfirmasi beritakarimun.com mengatakan, pasien itu berusia 8 tahun berjenis kelamin laki-laki. Pasien dilakukan pemeriksaan berupa observasi.

“Pasien telah diobservasi, dokter spesialis anak telah melakukan visite lanjutan, setelah assesment awal pada Kamis malam,” ujar Rachmadi.

Rachmadi mengatakan, pasien beralamat di jalan Pertambangan Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun itu masuk ke IGD RSUD Muhammad Sani, Karimun sekitar pukul 19.00 WIB.

“Pihak RSUD Muhammad Sani langsung melakukan assessment awal, Dokter jaga juga melakukan edukasi kepada orang tua. Pasien Saat masuk jam 19.00 ke IGD RSUD Muhammad Sani, kondisi suhu tubuh 38,8 C dan datang dengan keluhan demam dan batuk. Kondisi tidak sesak dan tidak ada tanda atau gejala pneumoni dan paru-paru dalam kondisi batas normal pemeriksaan,” jelas Rachmadi.

Namun setelah diperiksa, Rachmadi mengatakan bahwa pihak RSUD telah menemukan hasil pemeriksaan tersebut.

“Hari Jumat Tanggal 31 Januari 2020 pasien sudah dipulangkangan dengan diagnosa common cold atau batuk biasa, bukan suspect Novel Corona Virus,” tutup Rachmadi.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva