Gaji dan Tukin Pegawai Karimun Segera Cair

Karimun, beritakarimun.com – Terkait gaji serta tunjangan kinerja (tukin) yang tertunda hingga 2 bulan, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan bahwa kendala yang telah menghambat tersebut saat ini sudah dapat di selesaikan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada beritakarimun.com Kamis (16/1/2020) mengatakan bahwa kerisauan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap keterlambatan pembayaran tunjangan kinerja di lingkungan pemerintah Kabupaten Karimun akhirnya sudah menemui titik terang.

“Hari ini insyaallah mudah-mudahan sudah bisa di proses, untuk dinas-dinasnya tolong ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) karena sudah bisa terintegrasi antara Balitbang dengan BPKAD,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq.

E-planning dalam penerapan aplikasi sistem informasi manajemen daerah (Simda) integritas yang ditargetkan harus selesai dalam minggu ke dua pada bulan Januari 2020 akhirnya sudah dapat diselesaikan.

” Penerapannya sudah selesai tadi pagi hingga jam 4 subuh, mereka sudah menyelesaikan itu dan sekarang sudah dilakukan vendor pemindahan dari Balitbang ke BPKAD, tadi jam 9 pagi saya mendapatkan laporan, prosesnya memakan 2 sampai 3 jam untuk meng-upload itu dengan internet,” ujarnya.

Bupati Rafiq mengatakan bahwa siang ini para para bendahara di masing-masing dinas sudah bisa mengajukan pencairan.

“Mudah-mudahan siang ini sudah mulai bisa diproses, bendahara nanti silahkan melakukan pengajuan pencairan dengan menggunakan sistem aplikasi yang sudah ditetapkan oleh dinas-dinas,” tuturnya.

Bupati mengatakan, keterlambatan pembayaran gaji dan tukin ini bukan karena disengaja, namun terkendala dengan sistem yang diwajibkan pada tahun 2020.

“Keterlambatan ini bukan disengaja, tapi karena sistem SIMDA yang baru tahun ini kita terapkan, memang ada sedikit trouble untuk mensikronkan dan mengintegrasikan antara Balitbang dan BPKAD. Antara pendapatan dan belanja itu harus betul-betul jangan ada selisih, selisih satu rupiah pun sistemnya akan nendang, itu yang sangat rumit, karena seluruh kegiatan itu terinci sejelas-jelasnya dan sedetail-detailnya, sehingga apabila terjadi kesalahan penghitungan, salah masuk angka itu tidak akan bisa terkoneksi. Dan Alhamdulillah sekarang sudah selesai,” pungkas Rafiq.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva