Dukung Program Kapolri Idham Aziz, Polres Karimun Tanam Ribuan Pohon

Karimun, beritakarimun.com – Polres Karimun, Jum’at (10/1/2020), melaksanakan penanaman pohon di hari lingkungan hidup Indonesia dan hari gerakan sejuta pohon se-dunia. Penghijauan yang dilakukan secara serentak oleh jajaran Polres Karimun juga sebagai bentuk mendukung program Kapolri Jendral Idham Aziz yang peduli akan penghijauan di Indonesia.

Jajaran Polres Karimun melaksanakan penanaman pohon yang melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, TNI dan seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun, digelar di depan Kantor Bupati Karimun, Jalan Jenderal Sudirman, Poros Kecamatan Meral Kabupaten Karimun.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon yang dilakukan di halaman Mako Polsek Tebing Polres Karimun.

Waka Polres Karimun Kompol Chaidir dalam laporannya mengatakan bahwa ini merupakan salah satu karya pengabdian untuk bangsa dan negara, kegiatan penanaman pohon di wilayah Polres Karimun yang dipusatkan di Polsek Tebing juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polsek jajaran Polres Karimun dengan jumlah total pohon sebanyak 1241 bibit.

“Pohon yang kita tanam ada 16 macam, sebanyak 1241 bibit, ada bibit pucuk merah, bibit pohon jambu, bibit mahoni, bibit bintaro, bibit pohon nangka, bibit pohon matoa, bibit pohon lengkeng, bibit pohon durian, bibit alpukat, bibit pohon mangga, bibit rambutan, bibit sirsak, bibit pohon kelapa, bibit kedondong, bibit jeruk dan bibit belimbing yang kita sebar di seluruh Polsek jajaran Polres Karimun,” ujar Wakapolres Kompol Chaidir.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto mengatakan bahwa pohon yang ditanam itu merupakan pohon yang disesuaikan dengan lingkungan setempat dan yang bermanfaat untuk anak cucu, dan memiliki kualitas yang tinggi oksigen, memiliki batang yang kuat serta pohon yang memiliki buah.

“Kita mendukung program Kapolri yakni Polri Peduli Penghijauan. Lingkungan alam sekitar memiliki arti yang sangat besar, kegiatan ini tentunya bertujuan mempertahankan kesehatan lingkungan dengan menyediakan udara bersih, kita berharap dapat menjadi suatu solusi dari permasalahan pemanasan global yang terjadi pada saat ini,” ungkap Kapolres Yos Guntur.

Ketua Bhayangkari Cabang Karimun Daisy Yos menanamkan bibit pohon (Nichita bella/berita karimun)

Kapolres Yos mengatakan bahwa suhu udara yang dirasakan semakin lama semakin panas, hal tersebut disebabkan pepohonan di kota sudah jarang terlihat, dan digantikan dengan banyaknya gedung besar, kondisi itulah yang membuat sinar matahari tidak dapat di serap tetapi lebih banyak dipantulkan.

“Pohon juga dapat menghasilkan cukup oksigen dan mengurangi kadar karbon dioksida di udara, pohon-pohon menjadikan air bersemayam tidak jauh dari permukaan bumi, di bawah pohon air dengan mudah ditemukan, karena pohonlah air dengan mudah meresap ke dalam tanah dan menyelamatkan air sehingga tidak cepat hilang dari dalam tanah, warna hijau pada pohon juga mempercantik lingkungan kita,” pungkas Kapolres Yos.

Menurut pantauan beritakarimun.com, penanaman pohon tersebut dihadiri FKPD yakni Bupati Karimun, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Kapolres Karimun, Dandim 0317 Tbk, Danlanal TBK, KPPBC Tbk, Kepala KSOP Karimun, Rutan Karimun, Kepala BNN Karimun, BIN Karimun, Kepala Imigrasi, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Kehutanan dan Pertanian, Ketua Melayu Raya, Ibu PKK Karimun, Ketua Bhayangkari Cabang Karimun, Ketua Persit dan Ketua Jalasenastri Tbk.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva