Bupati Karimun Kunjungi Kebun Durian Milik Warga, Pihak BNI Siap Membantu Petani

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Dr.Aunur Rafiq didampingi asisten III Fajar Harison Abidin, Kepala Bapenda Kabupaten Karimun Dr.Kamarulazi, Kabag Protokol dan Rumah Tangga Pemkab Karimun Dwiyandri, Kabag Humas Pemkab Karimun Didi Irawan serta kepala cabang BNI Tanjung Balai Karimun, Risnaldi, mendatangi salah satu perkebunan durian milik Effendi di kawasan Guntung Punak, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Jumar (27/12/2019) sore.

“Kita meninjau ke salah satu kebun durian masyarakat yang ada di Guntung Punak milik bapak Efendi. Kita sama-sama melihat bahwa di Karimun juga ada usaha kebun durian yang saat ini masih tahap awal,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada beritakarimun.com disela-sela tinjauan di kebun durian.

Bupati Rafiq berharap perkebunan durian tersebut kedepan dapat menjadi kawasan agrowisata di Kabupaten Karimun.

“Menurut saya ini luar biasa, kita dapat melihat di sini ternyata bukan hanya di Kundur tapi di Karimun juga ada kebun duriannya, semoga 3 atau 5 tahun ke depan kawasan ini bisa menjadi salah satu kawasan agrowisata khusus buah durian. Mudah-mudahan tak hanya satu, tapi ada beberapa milik masyarakat yang nanti menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai pemilik kebun durian, Efendi mengatakan sangat senang kehadiran orang nomor satu di kabupaten Karimun dan sekaligus memberikan motivasi dan masukan agar kebun seluas 6 Hektar miliknya itu untuk dijadikan objek argowisata.

“Di lahan seluas 6 hektar ini kita menanam sebanyak 80 pohon durian dengan 5 macam jenis durian yakni durian musang king, durian 101 Bawor, durian cane, D24 (durian sultan) dan durian kampung. Ini panen ketiga yang kami lakukan, sekali panen bisa sampai 600an kilogram. Kami sangat mendukung 100 persen jika pemerintah mengharapkan tempat ini nantinya jadi objek argowisata,” ungkap Efendi.

Melihat hal tersebut, kepala Cabang BNI Tanjung Balai Karimun, Risnaldi mengatakan bahwa pihaknya siap membantu para petani Kabupaten Karimun dalam peminjaman dana melalui BNI Kredit Usaha Rakyat (KUR) sehingga mempermudah para petani dalam menggeluti usahanya bercocok tanam.

“Kita baru tahap diskusi sama pak Darminto (Ketua Koperasi Himpunan Tani Kabupaten Karimun), ada koperasi yang mengelola perkebunan, nanti kita coba bagaimana cara yang tepat untuk membantu petani-petani kita ini dengan kredit seperti KUR, koperasi sebagai off taker atau penjamin yang bertanggung jawab mengelola angsurannya, mengedukasi atau mendampingi petani-petaninya sehingga pembayaran angsurannya juga lancar,” kata Risnaldi.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva