Bupati Karimun Bersama Masyarakat Gelar Sholat Gerhana Matahari Cincin

Karimun, beritakarimun.com – Akhirnya Gerhana Matahari Cincin yang diprediksi akan ada hari ini di Kabupaten Karimun ternyata benar-benar terjadi, pergerakan antara Matahari, Bulan dan Bumi berdiri tepat segaris sehingga matahari berbentuk seperti cincin dan tampak dari Wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (26/12/2019) Siang.

Menurut pantauan beritakarimun.com dengan menggunakan kacamata filter khusus Matahari dari Masjid Agung Jalan Poros Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, pada pukul 10.25 Wib matahari mulai bergerak dengan kontak pertama, kemudian pada kontak kedua pada pukul 12.20 Wib matahari terlihat seperti sedang ditindih bulan sabit.

Tepat pada pukul 12.21 Wib gerhana Matahari berada di titik puncak yang mana Matahari berbentuk cincin dengan sempurna. Dari bergeser hingga menuju sempurna, keadaan langit tampak agak gelap karena Bulan tepat berada di tengah Matahari. Namun gelapnya langit tidak sama seperti gelapnya malam.

Baca Juga: Waktu Puncak Gerhana Matahari Cincin 2019 di Karimun

Bentuk cincin yang sempurna tersebut terlihat bertahan hampir 4 menit dari Masjid Agung Karimun.

Kemudian setelah terlihat sempurna selama hampir 4 menit, mulai lagi pergerakan pada kontak ketiga pada pukul 12.24 Wib, Matahari kembali terlihat seperti ditindih Bulan sabit lagi, kemudian pada pukul 14.17 Wib yakni kontak keempat, Matahari terlihat seperti biasanya.

Pemerintah Kabupaten Karimun bersama TNI Polri beserta ratusan masyarakat lainnya memaknai fenomena gerhana Matahari Cincin ini dengan menggelar Sholat Sunnat Gerhana Matahari yang bertujuan untuk mensyukuri nikmat sang pencipta di Masjid Agung tepatnya pukul 12.39 Wib setelah melaksanakan sholat Zuhur berjamaah.

“Kita memaknai gerhana matahari yang melintasi bumi berazam ini dengan melaksanakan sholat Sunnat Gerhana Matahari 2 rakaat yang diawali dengan sholat fardhu Zuhur secara berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan khutbah,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq usai melaksanakan sholat sunnat gerhana matahari di Masjid Agung, Kamis (26/12/2019) Siang.

Bupati Rafiq berharap, dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin ini membuat Kabupaten Karimun dijauhkan dari berbagai macam musibah, namun bisa mendapatkan hidayah dan keberkahan.

“Ada beberapa hal yang kita renungkan terkait bagaimana kuasa di muka bumi dan kuasa Allah kepada umatnya. Semoga dengan khutbah tadi semakin mempertebal keimanan dan ketakwaan kita, semakin kuat rasa ukuwah kita, rasa persatuan dan kesatuan. Semoga dengan terjadinya gerhana matahari ini bukan sebuah musibah tapi adalah sebuah hidayah, sebuah petunjuk akan kebesaran Allah dan kita maknai ini sebagai suatu hal yang positif dan yang baik sehingga berkah untuk kita semua,” tutup Rafiq

Selain Bupati Karimun, Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun, Wakapolres Karimun, Kasat Reskrim Polres Karimun, Kepala Kemenag Kabupaten Karimun beserta masyarakat terlihat khusyuk menjalankan sholat sunnat gerhana Matahari.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva