KSOP Karimun Gelar Apel Kesiapan Angkutan Laut Nataru

Karimun, beritakarimun.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun menggelar apel kesiapan angkutan laut natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru) di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Rabu (18/12/2019). Apel kesiapan tersebut ditandai oleh penyematan pin kepada petugas KSOP, petugas Basarnas, petugas Polsek KKP, dan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan oleh Kepala KSOP Kelas I Tbk.

Kepala KSOP Kelas I Tbk, Ir. Junaidi, MM mengatakan, adapun tujuannya yakni untuk memantapkan koordinasi antara petugas, instansi terkait, penyedia jasa, asosiasi dan stakeholder yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut natal 2019 dan tahun baru 2020. Sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut Naratu, akan dilaksanakan kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui posko angkutan laut Nataru terhitung mulai hari ini tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 januari 2020. Selain di sini juga kita siagakan posko terpadu di pelabuhan Sri Tanjung Gelam, pelabuhan Selat Beliah, pelabuhan Tanjung Batu kundur, Pelabuhan Moro, Pelabuhan Durai, dan pelabuhan Penyalai,” ungkap Junaidi.

Baca Juga: Pelabuhan Karimun dan Kundur Masuk dalam Prediksi Jumlah Penumpang Tertinggi

Kata Junaidi, untuk lonjakan penumpang diprediksi terjadi pada tanggal 21 Desember 2019 (periode pra natal), tanggal 28 Desember 2019 (periode natal dan tahun baru) dan tanggal 4 Januari 2020 ( periode pasca tahun baru)

“Menghadapi lonjakan penumpang, kita telah melakukan uji petik kelayakan kapal penumpang, menurut kita jumlah armada sebanyak 135 armada masih terhitung cukup, namun apabila membeludak kita akan segera melakukan penambahan armada maupun jadwal keberangkatan,” pungkas Junaidi.

Sementara untuk para nahkoda kapal, pihak KSOP akan segera melakukan tes kesehatan terhadap nahkoda kapal sehingga nantinya kapal dapat berlayar dengan selamat.

Menurut pantauan beritakarimun.com, usai menggelar apel kesiapan, Kepala KSOP Kelas I TBK langsung menelusuri ruang tunggu pelabuhan domestik untuk melakukan pemantauan terhadap para penumpang, pihaknya juga menelusuri kapal yang akan berlayar dengan memberikan himbauan kepada para nahkoda dan awak kapal yang akan melakukan perjalanan laut.

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva