Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Akan Direnovasi Total

Karimun, beritakarimun.com – Pelabuhan Domestik dan Internasional Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) dikabarkan akan di renovasi total oleh PT. Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Karimun.

Hal tersebut dibenarkan General Manager PT Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Karimun, Capt.Syahri Ramadana, MBA.,MM.,M.Mar saat ditemui beritakarimun.com, Selasa (10/12/2019) sore, diruang kerjanya.

“Kita mendapatkan dana sebesar Rp 20 milar dari kantor pusat kita, dana tersebut akan kita pergunakan untuk melakukan rehab total terhadap pelabuhan kita yang rencananya akan dimulai pada bulan Februari 2020 mendatang,” ungkap Syahri Ramadana.

General Manager PT Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Karimun, Capt.Syahri Ramadana, MBA.,MM.,M.Mar (Codet Carladiva/berita karimun)

Syahri mengatakan, pada saat masa pembangunan nanti, pihaknya tidak akan memindahkan terminal ke pelabuhan manapun.

“Pada saat masa renovasi dimulai, kita akan mengatur arus keberangkatan, mungkin kita akan memperdayakan satu ponton dulu, mungkin kita akan gabung dulu terminal penumpang luar negeri dengan terminal penumpang dalam negeri, kita lakukan secara bertahap. Kita juga berharap masyarakat dapat memaklumi jika agak berdesakan ketika dalam masa pembangunan,” ujar Syahri.

Kata Syahri pihaknya sudah mulai menyusun rancangan terhadap pelabuhan yang akan didandaninya itu, pihaknya masih menunggu hasil desain bangunan pelabuhan yang sedang diolah oleh kantor pusat bersama pihak konsultan.

“Yang desain bangunan pelabuhan yakni kantor pusat kita bersama pihak konsultan, namun yang paling kita utamakan yakni adanya gerbang yang menjadi pintu masuk dan keluarnya penumpang dari dan ke pelabuhan tersebut. Dirut kita juga meminta agar pelabuhan nantinya tidak berliku-liku, kalau bisa plong saja, sehingga tidak nampak sempit,” tutur Syahri.

Selain itu sebagai General Manager, Syahri sangat berharap kepada pemerintah daerah agar dapat bekerjasama mengatur ketertiban parkir di sekitar pelabuhan yang merupakan kewenangan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan.

Pelabuhan Tanjung Balai Karimun (Nichita/berita karimun)

“Kita berharap kepada pihak pemerintah melalui Dinas Perhubungan dapat bekerja sama dengan kita mengatur parkir yang ada di sekitar pelabuhan, sehingga tidak semerawut. Dimana seperti yang kita lihat sekarang, banyak masyarakat yang menitipkan kendaraannya di sekitar pelabuhan sehingga tampak sempit, kalau bisa dipakaikan palang parkir atau Barrier Gate sehingga bisa teratur,” ungkapnya.

Kata Syahri, setelah pihaknya mendapatkan layout bangunan pelabuhan tersebut, pihaknya akan duduk bersama dengan pihak QICP dalam hal ini KSOP, Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina untuk membahas pembangunan yang akan dilakukan.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva