Tidak Hanya Kuasai Teknologi, Wakil Bupati Karimun Minta Generasi Milenial Juga Kuasai Agama dan Budaya

Karimun, beritakrimun.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya kehidupan seseorang hingga sedikit melupakan adat budaya yang ada di lingkungan. Hal tersebut tampak dalam kehidupan sehari-hari di Kabupaten karimun khusunya para generasi milienial.

Melihat hal tersebut, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim saat ditemui di acara cukur rambut massal memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad Saw, di Masjid Al-jihad, Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, mengatakan kepada anak bangsa khususnya yang ada di Kabupaten Karimun agar tidak hanya terlena dengan kecanggihan teknologi.

“Untuk generasi muda milenial yang saat ini banyak terlena dengan kecanggihan teknologi zaman ini, kita mengimbau agar dapat mensejajarkan atau menyetarakan Ilmu Pengetahuan Agama (IPTAG) dan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEG) agar bisa seimbang. Jangan sampai Budaya yang sudah diturunkan dari nenek moyang kita hilang begitu saja,” pesan Anwar Hasyim, Sabtu (23/11/2019).

Anwar menyinggung, perlunya generasi milienial di Karimun untuk mengetahui dan meningkatkan budaya yang telah ditinggalkan nenek moyang pada zaman dahulu, khususnya budaya cukur rambut yang diiringi dengan barzanji dan asrakal.

“Ini merupakan budaya masyarakat Melayu bagi yang beragama Islam di Kabupaten Karimun, cukur rambut yang diiringi dengan barzanji dan asrakal ini merupakan budaya yang harus terus dijaga,” ungkap Anwar Hasyim.

Anwar berharap, anak-anak muda generasi milienial dapat bersemangat mempelajari tentang barzanji dan asrakal yang sudah menjadi turun temurun di Kabupaten Karimun.

“Jangan sampai budaya kita ini kelak tenggelam begitu saja. Mudah-mudahan tradisi Bumi Melayu yang kita sebut Saripul Anam ini bisa kita budayakan,” tutup Anwar.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva