Bupati Karimun Pimpin Upacara HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun, Dr Aunur Rafiq, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 yang disejalankan dengan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019, di Lapangan Puteri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (25/11/2019).

Upacara yang diikuti oleh para guru se-kabupaten Karimun membentuk barisan menghadap ke arah Aunur Rafiq selaku pembina upacara.

Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh para guru muda diiringi dengan lagu Indonesia raya yang dibawakan oleh Marching Band dari siswa siswi SMA Negeri 1 Karimun.

Dalam upacara tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq membacakan amanat Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi.

“Peran guru meningkatkan pendidkan. Merawat perkembangan positif peserta didik. Menjadikan ruang kelas sebagai awal perubahan. Ataupun di luar kelas dengan komunikasi yang interaktif,” kata Bupati Rafiq.

Rafiq juga mengatakan saat ini guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber informasi karena cepatnya kemajuan teknologi. Namun meski demikian guru tidak dapat digantikan dengan teknologi.

“Guru mengabdikan dirinya terus berinovasi dalam melaksanakan tugas. Sadar jika dirinya menjadi contoh siswanya. Guru jaman kini dan jaman mendatang dibutuhkan sebagai Indonesia unggul,” sebut Rafiq dalam membacakan amanat Ketua PBPGRI.

Selain itu Unifah juga berpesan agar PGRI dari tingkat pusat hingga ranting dapat bekerja keras, bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pemda untuk mencapai terciptanya pendidikan nasional yang bermutu.

“PGRI sebagai organisasi profesi dan independen harus teap dijaga. PGRI harus terus bergerak dan terus memperbaiki diri, atas nama pemerintah kami mengucapkan terimakasih atas pengorbanan para guru yang telah ikhlas mengabdi,” ujar Rafiq.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Karimun Muhammad Khudri mengajak para guru mengintrospeksi diri sehingga kedepannya peran guru semakin baik.

“Kita berharap dengan peringatan ini menjadi momentum bagi kami guru-guru untuk introspeksi diri, apa-apa yang telah kami buat selama ini, kalau ada kelemahan-kelemahan tentu akan kita bisa perbaiki di masa yang akan datang. Mudah-mudahan para guru di masa yang akan datang bisa lebih bersemangat bisa menyesuaikan diri dengan keadaan perkembangan dunia dan jangan sampai ketinggalan dengan perkembangan global saat ini,” pungkas Muhammad Khudri.

Para guru menari di upacara HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional (berita karimun)

Usai upacara, para guru menggelar atraksi perkusi dengan alat musik yang terbuat dari barang bekas, kemudian para guru juga menari melayu ‘Joget Karimun’ yang diikuti oleh Bupati Karimun, Wakil Bupati Karimun, serta FKPD yang hadir.

Upacara PGRI ke-74 tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Dandim 0317 TBK Letkol Infantri Denny, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono, Ketua DPRD Muhammad Yusuf Sirat, Anggota DPRD Nyimas Novi Ujiani, Anggota DPRD Raja Rafiza dan para guru se-kabupaten Karimun.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva