Sambut Era Revolusi Industri 4.0, KSOP Tanjung Balai Karimun Soft Launching Inaportnet

Karimun, beritakarimun.com – Untuk menerapkan peningkatan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan dapat berjalan cepat, valid dan transparan, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun kembali, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Soft Launching Inaportnet yang merupakan sistem layanan tunggal berbasis internet/web, Jumat (22/11/2019).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, Kepri, Ir. Junaidi, MM mengatakan penerapan aplikasi Inaportnet selain bertujuan untuk meningkatan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan berjalan cepat, valid dan transparan juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di akwasan Kepri khususnya di kabupaten Karimun.

“Penerapan ini diawali dengan Sosialisasi terhadap petugas pelaksana Inaportnet, baik dari Kantor KSOP, Pelindo, petugas dari operator serta keagenan kapal yang telah dilaksanakan pada 25 September 2019 lalu dan telah diuji coba. Aplikasi Inaportnet tentu akan meningkatkan pelayanan kapal dan barang menjadi semakin cepat, mudah, lancar, transparan dan akurasi data, sehingga diharapkan akan membantu kelancaran distribusi barang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan Kepri pada umumnya dan Tanjung Balai Karimun,” Ungkap Junaidi kepada beritakarimun.com, Jumat (22/11/2019).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, Kepri, Ir. Junaidi, MM (Nichita/berita karimun)

Dengan Implementasi Inaportnet, kata Junaidi, pelayanan kapal mulai dari permohonan kedatangan kapal, kapal masuk, pemanduan, kegiatan bongkar muat hingga kapal keluar meninggalkan pelabuhan dapat dilakukan secara online.

“Oleh karenanya, diperlukan adanya sinergitas antara Regulator, Operator, pengguna jasa seperti perusahaan/agen pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dan Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (UPT) TKBM serta institusi dan stakeholder terkait di Pelabuhan,” Ujar Junaidi.

Baca Juga: KSOP Tbk Segera Terapkan Inaportnet di Karimun.

Dengan telah dilakukannya sosialisasi selama dua bulan, maka penerapan Inaportnet di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun resmi di terapkan.

“Setelah ini selanjutnya dalam waktu dekat yaitu di bulan Desember 2019 secara serentak di 16 pelabuhan akan segera Go live secara bersamaan,” tutur Junaidi.

16 Pelabuhan yang dimaksud yakni pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Batam, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Tanjung Pandan, Jambi, Bengkulu, Pangkal Balam, Cirebon, Cilacap, Benoa, Samarinda, Kendari, Bontang, Ternate dan Jayapura.

“Dengan demikian, nantinya semua pelayanan kapal masuk dan keluar sesuai ukuran tertentu wajib dilakukan secara online. Implementasi sistem informasi teknologi pada suatu organisasi termasuk Inaportnet ini merupakan keniscayaan di era Revolusi Industri 4.0 ini. Keuntungan lainnya yakni dapat mengurangi tatap muka sehingga bisa terus transparan untuk mendukung pemberantasan Pungli serta memangkas birokrasi atau urusan yang berbelit-belit,” pungkas Junaidi

Keberhasilan penerapan sistem Inaportnet ini akan sangat bergantung dengan komitmen, kerjasama dan koordinasi antara pihak-pihak yang terkait, Junaidi berharap komunikasi dan koordinasi harus senantiasa dilakukan dengan baik, mengingat masih perlu adanya penyesuaian baik pada sisi pengguna atau aplikasi.

“Pada kesempatan ini saya berterima kasih dan apresiasi kepada seluruh tim pelaksana baik dari kantor pusat Ditjen Hubla, Tim IT dari Pelindo I Cabang TBK dan Tim dari KSOP serta seluruh stakeholder yang terkait,” tutup Junaidi.

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva