Pemerintah Kabupaten Karimun Mempersiapkan 63 Qori dan Qoriah Untuk MTQ 2020

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq membuka pembinaan Qori dan Qoriah untuk cabang-cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2020 di Aula Masjid Agung, Jum’at (22/11/2019).

Ketua harian Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karimun, Muhammad Rasyid Nur dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah qori dan qoriah yang ikut dalam sleksi mencapai sebanyak 400an orang.

“Yang ikut seleksi mencapai kurang lebih 400 an orang, namun yang lulus yakni hanya 63 orang dari 11 Kecamatan, satu Kecamatan lagi belum bisa ikut karena belum lulus seleksi. Untuk cabang-cabang yang akan dilatih yakni tartil, tilawah, fahmil, syahril,” ungkap Rasyid Nur

Untuk para pelatih atau pembina, selain dari Karimun, pihaknya juga menghadirkan pelatih dari provinsi.

“Kita datangkan pelatih dari provinsi sebanyak 2 orang, selebihnya dari Karimun untuk mengasah kemampuan para qori dan qoriah dalam MTQ tahun 2020 mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyambut baik atas persiapan yang dilakukan untuk MTQ tahun depan.

“Atas nama pemerintah daerah, kami sangat menyambut baik atas kegiatan pembinaan yang dilakukan, sejak awal sudah mulai persiapan demi memberikan kemantapan agar memiliki kemampuan untuk MTQ yang akan datang,” ujarnya.

Untuk peserta Qori dan Qoriah, Bupati menegaskan untuk tidak memperdayakan Qoriah yang berasal dari luar Kabupaten Karimun.

“Sebelum menuju MTQ tingkat Provinsi yang rencananya akan di gelar di Tanjung Pinang tahun 2020 mendatang, kita tentunya mempersiapkan Qori dan Qoriah yang benar-benar dari daerah Kabupaten Karimun, tidak lagi berasal dari luar Kabupaten Karimun. Boleh berasal dari luar, namun sudah menjadi warga kita disini, sudah berdomisili selama 2 x 6 bulan sehingga nantinya betul-betul bisa menjadi aset daerah,” terangnya.

Bupati menjelaskan beberapa cabang yang perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan diri menghadapi MTQ 2020 mendatang

“Cabang yang perlu ditingkatkan kedepan yakni cabang tilawah, kemudian cabang Tahfiz, kemudian juga untuk tafsir yang cacat tunanetra. Saya titipkan kepada para pelatih semoga bisa dibimbing dengan baik,” jelasnya.

Mereka akan mendapat bimbingan langsung dari para pelatih yang berkompeten di bidang tersebut, pelatihan diberikan selama 3 hari, mulai 22 hingga 24 Desember 2019 mendatang.

Dalam pembukaan pembinaan Qori dan Qoriah untuk cabang-cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2020 itu dihadiri oleh Ketua Umum LPTQ Kabupaten Karimun, Anwar Hasyim, Kepala Kemenag Kabupaten Karimun Jamzuri, Kabag Kesra Kabupaten Karimun Irwan Dinovri, perwakilan FKPD serta para KUA dan para pengurus LPTQ Kabupaten Karimun.

 

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva