TNI-Polri Jamin Keamanan Untuk Pelaku Usaha yang Akan Berinvestasi di Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Resort Karimun bersama-sama menjaga keamananan kota Bumi Berazam agar meningkatnya investasi dan ekspor. Hal tersebut dinyatakan Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto bersama Dandim 0317 TBK, Letkol Inf Denny dan Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Mandri Kartono dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar, di Aula Hotel Aston Karimun, Rabu (20/11/2019).

Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto dalam diskusi pada FGD mengatakan bahwa TNI-Polri akan berupaya menjamin keamanan para pelaku usaha yang mau berinvestasi di Karimun.

“Sesuai dengan agenda yang dibahas saat Presiden Bapak Jokowi mengumpulkan kami di Bogor dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) 2019 belum lama ini, yakni bahwa saat ini kita sedang menghadapi agenda besar yakni peningkatan ekspor dan investasi,” ungkap Kapolres Yos Guntur.

Kata Kapolres, menurut informasi yang ia terima bahwa di Kabupaten Karimun kegiatan ekspor masih sedikit, maka dari itu ia bersama Dandim 0317 TBK Letkol Inf Denny dan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono sepakat untuk mendukung ekspor dan investasi di Kabupaten Karimun.

“Berbicara masalah ekspor dan investasi, kami mengemban fungsi keamanan tentunya bersama TNI-Polri bersama-sama siap membantu apa yang menjadi program-program pemerintah, presiden juga meminta kami mendukung keamanan dalam terciptanya lapangan kerja,” ujar Kapolres.

Baca Juga: Nilai Ekspor Pertanian di Karimun Tahun 2019 Mencapai Rp 68,6 miliar.

Dalam perkembangan investasi dunia, pihaknya merasa miris karena tidak dapat satu investor pun dari Hongkong yang tertarik berinvestasi di Indonesia.

“Melihat perkembangan investasi dunia yang kemarin di sampaikan, yang mana kita ketahui sudah sekitar 5 sampai 6 bulan terjadi unjuk rasa di Hongkong, kemudian ada sekitar 33 investor hengkang dari Hongkong, yang sangat miris Indonesia tidak dapat satu investor pun yang tertarik di Indonesia. Kalau kita fokuskan di Karimun, ini tentunya bisa kita jadikan pemikiran bersama, khususnya di Karimun saja, kira-kira jaminan apa yang bisa kita berikan kepada orang-orang pelaku usaha,” tutur Yos.

Untuk situasi keamanan sendiri, Mantan Kasatreskrim Polresta Barelang Batam tersebut melaporkan bahwa situasi keamanan di Kabupaten Karimun saat ini masih kondusif.

“Untuk situasi keamanan, sebagai akuntabel pertanggungjawaban kinerja kami dari Polri di sini, sampai saat ini situasi masih kondusif. Dan tentunya keamanan perlu kita sepakati. Keamanan itu diciptakan,” ujar Yos.

Dalam hal ini, Kapolres Yos mengajak seluruh elemen untuk turut serta dalam menjaga dan menciptakan keamanan di Karimun.

“Ini tentunya tidak terlepas dari kerja sama kita semuanya, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dan seluruh pelaku usaha yang ada di Karimun mari kita ciptakan keamanan di Karimun. Jadi jangan ada yang macam-macam mau bikin Karimun kacau, kalau Karimun aman insyaallah para pelaku usaha dapat mudah menanamkan investasi di karimun ini dengan baik,” ucapnya.

Pada saat dikumpulkan oleh Presiden, Kapolres mengatakan bahwa TNI-Polri diberikan penekanan untuk menjamin para pelaku usaha mendapatkan keamanan.

“Kita sudah disetrum kemarin, artinya diberikan penekanan bahwasanya kita penegak hukum TNI Polri dan Pemerintah harus mendukung penuh dan bisa memberikan jaminan yang pasti terhadap para pelaku usaha atau investor. Untuk para pelaku usaha yang akan menanamkan usahanya melakukan investasi di Karimun kita jamin pak, nggak usah takut, kami tidak akan mencari cari kesalahan kesalahan yang sifatnya mempersulit. Agar kedepan Kabupaten Karimun lebih sejahtera,” tutup Yos Guntur.

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva