Keberadaan TP4D Membantu Nelayan Kabupaten Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Kejaksaan Negeri Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) mendampingi Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan 7 unit kapal beserta perlengkapannya kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan yang ada di Bumi Berazam Kabupaten Karimun.

7 kapal tersebut merupakan kegiatan anggaran dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun. Kapal bermesin 2 GT tersebut di berikan kepada 7 Kecamatan, di Dusun Pelambung Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, oleh wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Rabu (14/11/2019).

Ketua tim TP4D Kejaksaan Negeri Karimun, Khairur Rahman mengatakan 7 unit kapal yang diserahkan terhadap nelayan memiliki spesifikasi yang baik sehingga para nelayan yang menerimanya sangat menyukai.

“Mereka sangat senang adanya pengadaan kapal dari pemerintah, dimana pengadaan kapal itu didampingi TP4D sehingga kapal yang diberikan kepada nelayan itu spesifikasinya sesuai dan tidak menyalah aturan. Kemudian mereka merasa senangnya dikarenakan kapal itu benar-benar bagus,” ujar Khairur Rahman kepada beritakarimun.com, Senin (18/11/2019) pagi.

Khairur juga menjelaskan, TP4D yang dibawah pembinaan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Karimun, Taufan Zakaria dalam pendampingan selalu melakukan pengawasan dan pengawalan bersama dinas dan inspektorat.

Baca Juga: Wakil Bupati Karimun Serahkan 7 Unit Kapal ke Nelayan

“TP4D dalam pendampinginya, kita selalu mengawasi selalu mengawal bersama pihak dinas dan inspektorat agar tidak ada yang menyalahi aturan sesuai dgn RAB (rencana anggaran biaya),”kata Khairur.

Kepala Seksi Intelijen (Kasintel) Kejaksaan Negeri Karimun itu berpesan kepada para nelayan yang menerima kapal beserta perlengkapan lainnya agar dapat mengunakan sebaik-baiknya.

“Pesan kami kepada para nelayan yang menerima kapal agar dapat mengunakannya sebaik-baiknya,” pesan Khairur.

7 kapal nelayan yang diserahkan di Dusun Pelambung Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun (berita karimun)

 

Sementara itu, Ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun (NTKK), Azizman mengatakan sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah dan pihak TP4D kejaksaan Negeri Karimun atas perhatian terhadap para nelayan.

“Kami selaku wadah NTKK mengucapkan ribuan terima kasih pada Bapak Bupati Karimun dan pihak TP4D kejaksaan selama ini kami sering bertukar pendapat dan minta petunjuk kepada yang punya wewenang, bagaimana nelayan kami kedepannya, alhamdullillah apa keluhan kami apa hambatan kami ditanggapi oleh pihak yang berwenang,” ujar Azisman.

Menurutnya, sejumlah kapal yang diberikan terhadap KUB nelayan sangat baik dan puas hati.

“Spesifikasi kapal bagus, saya ditelpon para KUB yang menerima, Terima kasih banyak pak ketua memang cukup puas hati kami, mereka bilang, kalau dapat tahun-tahun depan macam gitu aja lagi ditambah lagi kalau bisa, kita juga tanyakan dengan para senior-senior nelayan kalau Spes nya seperti ini, ini baru mantap sesuai dengan hati nelayan bisa mengerjakan dilaut,” terangnya.

Azisman menjelaskan Pemerintah daerah selain memberikan 7 kapal juga memberikan jaring tangsi, Life Jacket dan jangkar.

Ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun Azizman (Codet Carladiva/berita karimun)

 

“Yang menerima kemarin dapat 1 pompong (kapal) dikasi 5 pcs Jaring tangsi, life jacket, jangkarnya dan lengkap 1 paketnya,” imbuhnya.

Ke 7 unit kapal yang diberikan untuk nelayan Kecamatan Moro sebanyak 2 unit, nelayan Kecamatan Durai 1 unit, Kecamatan Ungar 1 unit, Kecamatan Belat 1 unit, Kecamatan Tebing 1 unit, dan Kecamatan Meral 1 unit, di dusun Pelambung Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun sebagai bentuk perhatikan sektor perekonomian oleh pemerintah setempat.

 

 

 

 

 

 

Editor: Codet Carladiva